Mohon tunggu...
Nani Kusmiyati
Nani Kusmiyati Mohon Tunggu... Guru - English teacher, Trainer, Writer and Woman Navy

I love teaching, writing and reading

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Tulislah Topik yang Anda Sukai

27 September 2022   07:56 Diperbarui: 27 September 2022   09:32 1087
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok fbcdn-sphotos-a-a.akamaihd.net via Pinterest

TULISLAH TOPIK YANG ANDA SUKAI

Saya paling suka menulis topik-topik yang saya dapat dari wise saying atau quotes baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Wise saying atau quotes  dapat saya dapatkan dari internet. Saya biasanya memilih sesuai tema yang ingin saya tulis. 

Misalnya saya ingin menulis tentang guru maka saya cukup ketik quotes for teacher atau quotes untuk guru.  Maka akan muncul berbagai wise saying yang berhubungan dengan guru, murid dan pengajaran.  Seperti pada wise saying diatas, "Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru bermutu bisa melahirkan ribuan orang hebat."

Bagus dan sangat menginspirasi bukan? Dari situ saya bisa jabarkan kriteria guru yang bermutu atau berkualitas, cara mengajar, cara berinteraksi dan berkomunikasi dengan murid-muridnya. Akan menjadi apakah murid-muridnya kelak? Saya juga bisa jelaskan tipe-tipe guru dengan background pendidikan yang berbeda. 

Mungkin seseorang mengajar bukan dari background tenaga pendidik namun memiliki passion mengajar. Dapat juga dia mengajar karena terpaksa atau tidak ada pilihan, karena tidak ada peluang pekerjaan lain untuknya. Saya juga dapat menceritakan background seseorang memang guru namun dia tidak menikmati menjadi guru.

Akan lebih menarik jika contoh seorang guru yang bermutu disajikan dalam bentuk cerita. Demikian juga dengan orang-orang hebat yang merupakan hasil didik guru tersebut. Berikut ini ada quote yang menggelitik hati karena benar-benar menyindir saya sebagai guru yang susah mengingat nama muridnya.

"Jangan pundung jikalau guru tidak ingat dengan namamu sebagai siswa, karena guru mengajar bukan untuk menghafalkan nama melainkan mengajarkanmu bagaimana caranya menggapai impian." -  Gurupenyemangat.com.

Nah, jika sekarang kita memilih topik lain dari wise saying tentang penulis, coba perhatikan wise saying berikut:

"If you want to change the world, pick up your pen and write."  (Jika kamu ingin mengubah dunia, ambil penamu dan tulislah ) -- Martin Luther.

Bagaimana dengan topik ini? Sangat memotivasi bukan? Walau kita bukan seorang penulispun, hati kita akan tergerak jika membaca quotes ini dan akhirnya mencoba untuk mulai mengekspresikan ide-ide melalui tulisan.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun