Mohon tunggu...
Nani Kusmiyati
Nani Kusmiyati Mohon Tunggu... Guru - English teacher, Trainer, Writer and Woman Navy

I love teaching, writing and reading

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Apa yang Menarik dari Buku Kita

26 September 2022   14:10 Diperbarui: 26 September 2022   14:13 157 8 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

APA YANG MENARIK DARI BUKU KITA

Sebagai penulis, kita harus tahu apa yang menarik dari buku kita. Jika kita menilai dari kaca mata penulis, maka penilaian kita cenderung subyektif sehingga sulit bagi kita untuk menentukan kekurangan dari buku tersebut. Kita beranggapan bahwa buku tersebut sudah bagus. Untuk itu, kita harus memandang buku dari kaca mata pembaca agar penilaian lebih obyektif. Bagaimana caranya untuk mengetahui kekurangan buku kita?

Yang pertama, kita dapat melihat kembali Judul Buku karya kita walau sebelum mempublikasikan kita sudah berkonsultasi dengan editor. Kita kembali menganalisa judul buku tersebut apakah sudah tepat dengan artikel di dalam buku atau tidak? Ada kalanya Judul buku begitu spektakuler, sehingga pembaca ingin sekali membeli buku tersebut. Namun setelah dibuka, artikel di dalam buku tidak merepresentasikan judul buku dan pembaca menjadi kecewa.

Memang benar judul merupakan salah satu faktor penting agar para pembaca membeli buku kita. Dengan judul yang menarik, penulis berharap buku tersebut akan menjadi best seller. Maka pilihlah judul yang menarik dengan didukung dengan isi artikel didalamnya. Jangan membuat judul yang biasa-biasa saja.

Sebagai contoh buku yang saya beli dari Gramedia yang berjudul, "OBAT MALAS DOSIS TINGGI" yang ditulis oleh Khalifa Bisma Sanjaya. Jika kita melihat cover depan terdapat gambar jarum suntik, kapsul dan vitamin mengelilingi judul buku. Memang terkesan agak ramai tapi karena judulnya didukung dengan gambar yang membuat penasaran, maka saya segera membaca sinopsis buku dan akhirnya saya beli. Sesampai di rumah saya segera membaca. 

Penulis menyajikan informasi dengan berbagai cara diantaranya, berupa dialog yang kemudian diulas dan ditambahkan fakta-fakta serta pengalaman penulis. Subpoin berikutnya disajikan dalam bentuk cerita dari pengalaman orang lain yang dibumbui pesan-pesan dari penulis. Cover dan Sinopsis sudah sesuai dengan artikel buku.

Faktor penting lain yang saya analisa dari buku tersebut yaitu gaya bahasa buku. Penulis menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca dengan menyisipkan bahasa daerah seperti bahasa Jawa, Sunda dan Betawi. Penulis begitu bebas mengekspresikan idenya tanpa terbebani dengan pola bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Foto pribadi
Foto pribadi

Jika membaca buku saya yang berjudul, "JEJAK WARNA PENYATU RASA", pasti pembaca akan bertanya-tanya, buku tersebut membahas tentang apa?

Buku tersebut saya tulis setelah mengikuti project menulis "JEJAK WARNA" selama bulan Ramadhan. Topik-topik yang diberikan admin seputar kehidupan sehari-hari yang saya alami. Karena isi dari buku tersebut berkisar dinamika kehidupan maka saya mengambil judul project tersebut (JEJAK WARNA) kemudian saya tambahkan dengan frasa PENYATU RASA. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan