Mohon tunggu...
Nani Kusmiyati
Nani Kusmiyati Mohon Tunggu... Guru - English teacher, Trainer, Writer and Woman Navy

I love teaching, writing and reading

Selanjutnya

Tutup

Book

Bagaimana agar Buku Kita Laris?

26 September 2022   11:01 Diperbarui: 26 September 2022   11:02 300
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Buku Solo Nani

BAGAIMANA AGAR BUKU KITA LARIS

Sebagai penulis tentunya saya sangat gembira jika buku saya laris terjual. Hal ini menunjukkan bahwa banyak pembaca yang tertarik terhadap karya saya. Selain mendapatkan bonus menulis tentunya saya semakin semangat untuk menulis hingga menjadi buku. Nama saya akan terukir di sosial media dan anak cucu saya dapat membacanya suatu hari nanti.

Bagi saya, saat ini menulis tidak hanya sekedar menghibur diri dari kesedihan dan kebosanan namun lebih kepada berbagi ilmu sesuai bidang yang saya miliki. Saya harus menentukan siapa yang akan membaca buku saya, apa yang mereka minati saat ini, apa yang langka di dapat dari toko buku.

Suatu hari saya memasuki toko buku di daerah Cibubur tepatnya di sebuah Mall besar yang tentunya banyak pengunjungnya. Saya berkeliling mencari buku Public Speaking dan MC sebagai referensi untuk saya mengajar di kantor. Namun setelah berkeliling saya tidak menemukan seperti harapan saya. Ada beberapa buku Public Speaking tapi lebih kepada teori dan sedikit contoh untuk praktek, jika ada hanya berupa pidato saja. Di dalamnya tidak ada teori menjadi Master of Ceremony (MC) yang profesional juga tidak ada contoh-contoh script MC. Akhirnya saya kembali pulang dengan sedikit kecewa.

Di hari libur berikutnya saya pergi ke toko buku di daerah Cilengsi, di Mall yang cukup besar dan cukup terkenal bagi penduduk yang tinggal disekitar Cilengsi dan Jonggol. Ketika saya berkeliling untuk mendapatkan buku yang saya inginkan ternyata harapan saya tidak terwujud. Agar tidak terlalu kecewa saya membeli satu buku yang dapat memberikan motivasi saya untuk lebih kreatif dan inovatif sebagai seorang guru. Saya tertarik dengan judulnya yang terkesan aneh. Saya baca sinopsisnya juga saya baca daftar isi di dalamnya. Kebetulan ada satu buku yang telah terbuka sehingga saya bisa baca sekilas.

Semenjak saya tidak mendapatkan banyak referensi dari hard copy seperti buku, saya mulai browshing di internet. Banyak teori dan contoh event yang saya dapatkan namun sedikit beda dengan event di kantor. Akhirnya saya berfikir untuk mengumpulkan materi pelajaran Public Speaking and MC dengan beberapa referensi dari internet untuk dijadikan sebuah buku solo. Dengan bantuan ibu Sri Sugiastuti sebagai editor, bapak Ajinatha yang mendisain gambar untuk cover dan Bapak Haji Thamrin Dahlan sebagai penerbit maka jadilah buku Public Speaking and MC.

Saya tidak percaya buku Public Speaking and MC laris terjual hampir lebih dari 200 copy. Sebagai penulis pemula saya sangat bahagia mendapati buku saya laris terjual. Kemudian saya mengamati mengapa buku saya menjadi best seller versi penulis pemula. Beberapa penemuan yang saya dapat, buku laris terjual karena topik Public Speaking and MC  masih sedikit berada di peredaran buku baik di toko buku di daerah saya maupun ditempat lain. Buku Public Speaking yang pernah saya temui masih menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah dengan event-event umum sehari-hari.  Buku saya memang terdiri dari teori tentang Public Speaking dan MC juga beberapa contoh susunan acara dan script MC untuk kegiatan internasional. Kegiatan-kegiatan tersebut memang saya alami sendiri dan bahkan saya menjadi MC nya. Saya mungkin bukan MC yang sehebat MC internasional di sosial media atau di acara-acara internasional seperti Miss Universe yang ditayangkan di televisi. Namun saya juga tampil pada acara kegiatan acara Kepala Staff Angkatan Laut negara sahabat juga pada saat kegiatan MC di Lebanon. Semua karena secara tidak sengaja akhirnya menjadi MC pada setiap kegiatan kantor.

Kembali ke temuan berikutnya yaitu pembeli buku saya adalah mayoritas Wanita TNI terutama TNI AL (KOWAL) karena saya mempromosikan di group secara take it for granted (menerima begitu saja). Artinya buku laku atau tidak, tidak masalah bagi saya. Itupun KOWAL di Surabaya yang banyak membeli. Kebetulan salah satu pembeli adalah murid saya  Public Speaking dan MC. Jika dia ditunjuk menjadi MC kegiatan internasional dia meminta pendapat tentang script MC yang dibuatnya. Murid saya sangat membantu mempromosikan buku saya ke teman-temannya juga ke junior-juniornya.

Beberapa buku, juga saya berikan sebagai hadiah kepada para penulis blog pemula yang menjadi pemenang dalam tantangan menulis. Secara tidak sengaja menjadi bagian dari promosi. Saya juga berfoto dengan mantan orang nomor satu di TNI AL yang kebetulan beliau juga seorang penulis. Foto tersebut saya upload di instagram. Tidak mengapa jika teman-teman IG saya tidak tertarik. Paling tidak itu menjadi salah satu tempat promosi buku.

Jika ditarik kesimpulan maka buku saya laris karena di toko buku masih sedikit buku yang membahas topik yang saya punya.  Target pasarnya saya tepat yaitu para KOWAL yang berminat meningkatkan public speaking dan menjadi seorang MC. Promosi melalui sosial media seperti IG dan whatsApp juga dari blog. Promosi ke orang-orang terdekat terlebih dahulu seperti kawan dan para siswa.

Nah bagaimana dengan pendapat anda untuk membuat buku anda laris terjual?

NANI KUSMIYATI

Jakarta, 26 September 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun