Mohon tunggu...
Nani Kusmiyati
Nani Kusmiyati Mohon Tunggu... Guru - English teacher, Trainer, Writer and Woman Navy

I love teaching, writing and reading

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Editor Menentukan Keberhasilan Penulis

26 September 2022   00:27 Diperbarui: 26 September 2022   00:40 82 4 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://www.pexels.com/

EDITOR MENENTUKAN KEBERHASILAN PENULIS

Percaya tidak jika editor menjadi salah satu penentu keberhasilan penulis hingga buku yang dihasilkan menjadi best seller. Saya pribadi sangat percaya sebagai seorang penulis pemula. Editor harus pintar dan bijaksana dalam menentukan jenis dan besaran font, jarak baris atau paragraf dan ukuran buku. Pemilihan gambar yang tepat untuk cover dan pernak pernik didalam buku. Tata letak penulisan bisa dirangkap oleh editor namun juga dapat bekerja sama dengan ahli tata letak/ layout artikel di dalam buku. Editor dapat bekerja sama dengan desainer gambar cover.  Tentunya penulis juga harus diajak bicara apa yang penulis inginkan terhadap bukunya.

Editor berkolaborasi secara baik dengan penulis. Editor dapat memberikan masukan jika ada beberapa kalimat yang mesti ditambahkan atau dihilangkan. Editor dapat memberikan masukan jumlah halaman atau ketebalan buku yang diminati pembaca karena beberapa pembaca tidak menyukai buku yang terlalu tebal. Mereka akan berfikir perlu berapa hari harus menyelesaikan bacaan tersebut. Jika memang banyak subpoint yang harus diceritakan buku dapat berseri jadi tidak perlu tulisan dijadikan menjadi satu buku. Jika penulis pandai, pada kalimat di bab terakhir harus dapat membuat pembaca penasaran atau terkesan untuk memiliki buku berikutnya. Editor dapat menyarankan hal ini kepada penulis.

Jika buku terlalu tipis akan menggambarkan dangkalnya ide penulis atau tidak berisinya buku tersebut, kecuali buku yang berisi tips atau cara yang diperuntukkan untuk dibawa kemana-mana seperti buku saku.  Buku saku memiliki ukuran kecil, handy dan isi yang padat dan mudah dipahami.

Editor harus memiliki wawasan yang luas terutama di dunia literasi, ilmu bahasa yang tepat sehingga dapat mengoreksi setiap detail kesalahan yang dibuat oleh penulis. Editor juga mesti memiliki kepekaan bahasa sehingga dapat memberikan masukan kepada penulis bahasa yang tepat untuk artikelnya. Tentunya editor harus juga memahami kode etik penyuntingan naskah, memiliki kepekaan terhadap SARA dan pornografi dan dapat menulis. Hal yang paling mendasar lainnya editor harus sabar dan teliti. Dengan kesabaran dan ketelitiannya buku yang dihasilkan penulis akan menjadi master piece atau hasil karya yang diminati para pembacanya.

Wah banyak sekali ya kriteria yang yang harus dimiliki oleh editor. Namun keberhasilan suatu buku tidak hanya bergantung kepada editor namun bergantung pada penulis itu sendiri. Editor, publisher dan pembaca merupakan team yang dapat membantu mewujudkan keberhasilannya. 

Yuk belajar jadi penulis dan editor.

NANI KUSMIYATI

Jonggol, 26 September 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan