Mohon tunggu...
Riduannor
Riduannor Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Citizen Journalism

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Pengalaman Berburu Paket Belanja Online Tak Kunjung Dikirim Sampai ke Gudang Ekspedisi

4 Januari 2023   12:04 Diperbarui: 4 Januari 2023   12:15 958
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kurir ekspedisi | Sumber gambar: Kompas.com

Mudahnya berbelanja melalui Marketplace, menjadi gaya hidup di era digital yang memudahkan setiap orang hanya klak-klik barang yang diinginkan sudah dikirim. Layanan yang baik, tepat waktu pengiriman oleh seller dan ekspedisi menambah kenyamanan konsumen.

Biasanya, bila kita berbelanja di sebuah e-commerce dibeberapa marketplace yang sudah terkenal, akan dikirimkan melalui jasa ekspedisi. Dan di dalam pengiriman barang konsumen setiap jasa ekspedisi dibatasi estimasi pengiriman.

Namun apa jadinya, setelah batas waktu estimasi barang tak kunjung datang. Ada apa ini?. Berbagai tanda tanya mulai bermunculan. Inilah yang terjadi di awal tahun 2023 yang saya alami, barang yang dikirimkan tak kunjung datang.

Pembeli secara online bisa mengecek progres pengiriman melalui aplikasi marketplace dimana berbelanja. Sampai dimana barang yang kita kirim berada. Kebetulan saat saya memesan sebuah baju, jasa ekspedisi yang mengirim secara random muncul ditransaksi e-commerce.

Ya saya klik saja tanda setuju, dan pengiriman yang tertera juga cukup cepat, 1-4 hari sampai ketujuan. Dengan estimasi satu hari setelah tahun baru 2023 barang sudah diperkirakan sampai ke alamat tujuan. 

Ini merupakan pengalaman pertama. Biasanya barang belanjaan online datang tepat waktu. Tapi kali ini sampai batas waktu ditentukan barang tidak diantar ketempat tujuan. 

Diaplikasi marketplace biasanya disediakan pelacakan resi pengiriman barang sampai dimana. Terlihat dari progres pengiriman ekspedisi barang sudah diterima oleh kurir di Samarinda tanggal 30 Desember 2022. Tapi barang tersebut tidak diantarkan kealamat tujuan. 

Pengalaman saya saat mengalami keterlambatan pengiriman dan barang tidak jelas berada dimana, saya melakukan beberapa langkah tindak lanjut, yaitu : 

Pertama Kontak dengan penjual barang

Saya melakukan chating dengan seller yang mengirimkan barang, untuk menanyakan kembali ke penyedia jasa ekspedisi. Baik kontak, telpon, ataupun wa CS jasa ekspedisi. Karena kebetulan waktu itu saya tidak bisa menghubungi Costumer Service jasa penyedia ekspedisi tempat barang dikirimkan. Dengan begini seller yang telah bertraksaksi bisa membantu agar barang sampai tujuan.

Menghubungi jasa ekspedisi melalui WA, atau kontak center

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun