Mohon tunggu...
Riduannor
Riduannor Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Guru | Penulis | Desainer Grafis | Ilustrator

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Menjaga Kekompakan di Sebuah Tim Work Guru Penggerak pada Lokakarya 1

26 November 2022   20:11 Diperbarui: 27 November 2022   05:12 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berpoto selfie kelompok 1 CGP Angkatan 7 di Lokakarya 1 Kota Samarinda  | Doumen Pribadi/Riduannor | Istimewa

Dihari ke-35 selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 7, setelah menyelesaikan modul 1.2 sampailah pada titik Lokakarya 1 yang dilaksanakan secara luring (tatap muka). 

SAMARINDA | Dikegiatan PGP Angkatan 7, setiap peserta dibuat kelompok kecil untuk mempermudah daya serap peserta CGP mengikuti penyampaian fasilitor saat belajar secara virtual dan pendampingan Guru praktik yang berkunjung kesekolah CGP untuk pendampingan.

Mengikuti kegiatan PGP yang berlangsung cukup lama yaitu 6 bulan. Pastilah menimbulkan rasa lelah, kejenuhan yang menghinggapi peserta CGP, di saat belajar secara virtual melalui Learning Managemen system (LMS).

Belajar melalui LMS ada serangkaian tahapan, yang harus dilalui Calon Guru Penggerak (CGP). Rangkaian itu berupa mempelajari modul secara mandiri, mengeksplorasi berbagai rangkaian pertanyaan dan tanggapan sesama peserta di modul yang dipelajari.

Dilanjutkan membuat sebuah opini blog berupa artikel pendek, dengan tujuan para peserta bisa lebih memahami modul yang dipelajari, dengan cara memberi komentar positip dan bertanya kepada pembuat tulisan. 

Belajar kemudian dilanjutkan dengan diskusi secara tertulis, mengenai visi murid impian yang dibuat masing-masing peserta sesuai keinginan dan harapan mereka terhadap murid dimasa depan. 

Setiap peserta memberikan komentar dan pertanyaan minimal sebanyak 2 tanggapan, untuk dinyatakan sebagai kehadiran oleh fasilitator dengan dibatasi waktu pengiriman sampai dengan pukul 23.59 Wita. 

Setiap pekerjaan yang harus diselesaikan peserta CGP di LMS, dibatasai waktu kirim dan unggah ditempat yang telah disediakan di LMS. Supaya tugas mandiri tidak menumpuk dan terlewat waktu, kedisiplinan dan pengaturan waktu oleh CGP penentu keberhasilan menyelesaikan modul Pendidikan Guru Penggerak yang dipelajari.

Lokakarya 1 CGP Angkatan 7 Kota Samarinda

Setelah semua kegiatan virtual melalui LMS dan Video Conference (VICON) melalui aplikasi Google Meet bersama fasilitator, sampailah pada Lokakarya 1 CGP Angkatan 7 Kota Samarinda yang dilaksanakan hari ini di SMA Negeri 5 Jl. Ir.Juanda Samarinda.

Sepulang kegiatan Lokakarya yang dilaksanakan dari jam 08.00 sampai dengan 03.30 wita saya langsung membuat tulisan ini, sebagai bagian dari catatan kegiatan CGP Angkatan 7 yang saya ikuti bagian dari jurnal dwi mingguan.

Lokakarya 1 hari ini berjalan dengan baik dan menyenangkan. Semua peserta serasa mendapatkan energi baru mengikuti Lokakarya 1 setelah berkutat  dengan berbagai tugas mandiri melalui LMS dan berdiskusi secara virtual bersama fasilitator.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun