Mohon tunggu...
Riduannor
Riduannor Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Guru yang menyenangi dunia menulis, menggambar, dan Digital | email : riduannor_2010@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Plus Minus Servis Motor di Bengkel Resmi dan Pinggir Jalan

3 September 2022   10:55 Diperbarui: 4 September 2022   11:07 1025 32 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bengkel motor (Sumber gambar: pexels.com)

Saat berkendara di tengah terik matahari, terjebak macet, atau dalam perjalanan menuju ke sekolah, tempat kerja, tiba-tiba mati total. Motor distarter tidak bisa ngangkat mesin untuk dihidupkan. Diengkol juga lemah, tidak bisa digunakan. Inilah penyakit yang sering datang tiba-tiba pada motor matic.

Mungkin siapapun pernah mengalaminya. Penulis sendiri beberapa kali mengalami motor matic mogok tiba-tiba. Tenaga motor matic hilang tiba-tiba. Perlakuan motor matic memang tidak sama dengan motor biasa. Motor matic memang enak digunakan ketimbang motor biasa, tapi sangat bandel ketika tiba-tiba mogok di jalan, seakan mati total.

Kadang juga, tidak semua bengkel pinggir jalan bisa mengetahui penyebab kerusakan motor matic tersebut. 

Katanya, perlu lama waktu mencari penyebab kerusakan. Memang mekanik pinggir jalan, hanya belajar secara otodidak, tanpa melalui pelatihan atau pengetahuan kursus seperti halnya mekanik resmi yang ada di dealer motor merek tertentu.

Ilustrasi bengkel motor pinggir jalan sedang melayani konsumen/pelanggan (sumber gambar : thegorbalsla.com)
Ilustrasi bengkel motor pinggir jalan sedang melayani konsumen/pelanggan (sumber gambar : thegorbalsla.com)

Itu sebabnya saat membawa ke bengkel pinggir jalan, terkadang lain yang rusak lain yang diperbaiki. Akhirnya kerusakan merembet ke mana-mana. Namun tidak semua mekanik pinggir jalan seperti itu, ada juga yang berpengalaman. Dan langsung mengetahui kerusakan dari penjelasan sang punya motor matic, tanpa harus bongkar sana-sini.

Saat darurat, tiba-tiba mogok, kita tidak bisa memilih bengkel untuk memperbaiki motor matic. Kalau kondisi normal, dan banyak bengkel pinggir jalan kita bisa memilih. 

Baca juga: Jalan Rusak

Dari beberapa kondisi dalam perjalanan, dari pengalaman yang penulis alami, ada yang mogok di tengah jalan, jauh dari bengkel. Perlu mendorong berkilo meter, untuk sampai ke bengkel pinggir jalan terdekat. 

Ada juga, saat mau sampai ke rumah, tiba-tiba motor matic kehilangan tenaga, dan mati sendirinya, walaupun di starter berulang-ulang tidak mau hidup. Dan engkol motor juga menjadi lemah. 

Kerusakan ini biasa disebabkan oleh pengapian pada kalbulator yang tidak lancar. Karena ada sumbatan, sehingga pemantik pengapian pada mesin terhambat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan