Mohon tunggu...
Riduannor
Riduannor Mohon Tunggu... Guru, Penulis - Penulis

Guru yang menyenangi dunia menulis, menggambar, dan Digital.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Share Artikel Kompasiana di Medsos, Akun Diretas, Postingan Malah Dihapus, Ada Apa?

18 Agustus 2022   18:13 Diperbarui: 18 Agustus 2022   19:50 265 26 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Facebook diretas | sumber poto: Unsplash

Dua minggu terakhir, tulisan artikel yang telah saya terbitkan di Kompasiana, di bagikan ke media sosial yang dipunyai untuk meningkatkan views dan pembaca artikel yang ditulis. 

Awalnya, artikel yang merupakan tulisan sendiri yang dibagikan dari kompasiana, dibeberapa group di Media sosial tidak bermasalah. Dan mendapatkan pembaca yang lumayan banyak. 

Dengan membagikan tulisan di media sosial, memang bisa meningkatkan pembaca sebuah artikel yang ditulis. Walaupun tulisan ataupun artikel yang diterbitkan tidak masuk ke Artikel Utama (AU) atau headline. Namun pembacanya, bisa mengalahkan sebuah artikel yang masuk menjadi AU.

Dengan men-share artikel dari tulisan kompasiana, secara tidak langsung bisa mempromosikan kompasiana, kepada para pembaca di akun medsos. Dan tingkat keterbacaan iklan di kompasiana, juga menjadi meningkat.

Akun Facebook diretas, dan menghilang

Penulis, biasa men-share, sebuah artikel di kompasiana, setelah tulisan tersebut masuk kedalam tulisan dikolom pupoler, ataupun menjadi AU. Di share di medsos, yang penulis miliki yaitu twitter, facebook, sesekali juga dikirim di Instagram.

Email pemberitahuan dikirim facebook, kalau akun FB diretas orang lain dan tidak bisa diakses, sebelum diamankan (Sumber : Akun FB RIDUANNOR/Dokpi)
Email pemberitahuan dikirim facebook, kalau akun FB diretas orang lain dan tidak bisa diakses, sebelum diamankan (Sumber : Akun FB RIDUANNOR/Dokpi)

Begitu kagetnya, tengah malam sebuah email masuk ke Hp penulis, yang memberikan pesan bahwa akun FB penulis sudah diretas, dan tidak bisa dibuka kembali, sebelum penulis mengamankan akun tersebut. 

Notifikasi masuk sekitar jam 02.15 malam. Dan ketika penulis mengakses akun FB, memang tidak bisa lagi. Apa penyebabnya?, penulis juga bertanya-tanya, mengapa sampai ada peretasan?. 

Penulis juga belum mengetahui, siapa yang meretas, dan bagaimana sebuah akun bisa diretas, dan ingin dikuasai oleh orang lain. Memang sekitar jam 19.00 Wita, men-share sebuah artikel yang ada di kompasiana, disebuah group yang diikuti di media sosial FB.

Artikel tersebut banyak yang membacanya, dan membagikan ke akun teman yang lainnya. Dalam sekian jam, bisa mencapai ribuan. Layaknya sebuah artikel yang dinaikkan oleh Admin-K, menjadi artikel yang masuk dikolom tren pekan ini. 

Sebuah artikel, yang biasa-biasa saja, yang sedikit pembacanya, ketika masuk di kolom tren pekan ini, dalam hitungan jam bisa mencapai ribuan bahkan puluh ribuan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan