Mohon tunggu...
Gunawan Eka Saputra
Gunawan Eka Saputra Mohon Tunggu...

Orang bodoh yang tak kunjung pandai

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat

1 Agustus 2014   04:52 Diperbarui: 18 Juni 2015   04:44 84 0 1 Mohon Tunggu...

Sariawan (stomatitis aftosa) adalah adanya kelainan selaput lendir mulut berupa luka atau bercak-bercak putih kekuning-kuningan. Mengobati sariawan sebaiknya dilakukan secepat mungkin agar tidak mengganggu aktivitas penderitanya, seperti saat mengunyah makanan ataupun berbicara.

Penyebab sariawan yang paling umum adalah kurangnya asupan vitamin C, B12 ataupun zat besi. Untuk memenuhi unsur-unsur tersebut dapat dilakukan dengan menambah konsumsi buah-buahan seperti jeruk dan sebagainya. Lalu bagaimana cara mengobati sariawan jika sudah terjadi? Ikuti uraiannya berikut ini.

Air kelapa

Air kelapa selain berguna untuk mengatasi dehidrasi, ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Cara mengobati sariawan dengan menggunakan air kelapa adalah dengan meminumnya.

Daun jambu biji

Cara mengobati sariawan dengan menggunakan jambu biji adalah dengan mengunyahnya, kemudian berkumur dengan menggunakan air

Buah pisang dan madu

Cara mengobati sariawan dengan menggunakan buah pisang yang dicampur dengan madu adalah dengan menghaluskannya. Setelah itu campuran buah pisang dan madu yang telah dihaluskan dioleskan pada luka sariawan.

Bawang putih

Cara mengobati sariawan dengan menggunakan bawang putih adalah dengan cara menempelkan langsung ke bagian luka yang diakibatkan sariawan

Kunyit

Cara mengobati sariawan dengan menggunakan kunyit adalah dengan cara menghaluskan dan kemudian menempelkannya ke bagian luka yang disebabkan oleh sariawan.

Bahan-bahan alami yang telah disebutkan di atas dapat digunakan untuk menyembuhkan atau mengobati sariawan. Tetapi ada baiknya jika sebelum terjadi sariawan kita melakukan pencegahan.

Cara mencegah sariawan adalah dengan mencukupi asupan vitamin C, B12 ataupun zat besi dari makanan yang kita makan. Perbanyak makan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C sangat disarankan untuk mencegah sariawan. Mencegah mungkin lebih bijak daripada harus mengobati sariawan yang terlanjur timbul.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x