Sosial media merupakan salah satu platform internet yang paling banyak digemari oleh masyarakat di seluruh dunia. Salah satu platform sosial media yang mendapatkan paling banyak kunjungan saat ini adalah TikTok. Dengan tingginya tingkat pengunjung ke platform ini menyebabkan TikTok menjadi incaran pada pemilik usaha baik itu yang berskala kecil hingga berskala internasional sebagai salah satu tempat untuk melakukan promosi memperkenalkan produk dan jasa-jasa yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan tersebut
Saat ini saja, Pengguna TikTok telah mencapai 800 juta yang aktif dan login setiap bulannya. Â Dengan melihat angka pengguna aktif yang sangat tinggi tersebut tentu dapat membuka peluang pasar yang sangat besar dan menjadi salah satu tempat iklan utama bagi para digital marketer untuk menempatkan iklan mereka di platform tersebut karena dengan banyaknya pengguna yang aktif, penjualan dapat ditingkatkan.
Jenis-jenis iklan yang ada di TikTok
Nah bagi sobat yang ingin mecoba mengenali jenis-jenis iklan yang ada di TikTok, berikut ini adalah pembahasannya.
1. Brand Take Over
Jenis iklan TIkTok yang ini merupakan bentuk iklan yang akan muncul ketika seorang pengguna baru pertama kali membuka aplikasi TikTok di smartphonenya. Iklan brand take over ini pada umumnya akan muncul selama 3 hingga 5 menit dan tampil secara layar penuh.
Dengan durasi yang cukup lama tersebut, kebanyakan pengguna dan digital agency jakarta dapat memilih untuk melewati iklan sehingga ketika seorang pemasang iklan memilh iklan jenis ini, dia harus dapat membuat iklan dengan kemasan yang singkat dan memiliki daya tarik sejak menit pertama iklan itu tayang dan membuat penontonya menjadi penasaran dan tidak melewati iklan tersebut.
2. Hashtag Challenge
Iklan lainnya yang ada di TikTok adalah dengan penggunaan hastag. Jenis iklan ini dapat kita temukan di halaman pencarian dan ketika seorang user mencari hastag yang sesuai dengan iklan yang kita tayangkan maka, iklan yang kita buat akan muncul untuk pengguna tersebut
3. In-Feed Video
Jenis iklan ini merupakan video yang muncul pada halaman FYP pengguna. Iklan akan disisipkan pada video-video yang kita tontong dan akan muncul setelah beberapa kali guliran kita lakukan. Jenis iklan ini akan berbaur dengan video-video menarik yang tersaji pada FYP pengguna TikTok.
4. Top View Ads
Iklan dengan jenis Top View Ads ini merupakan iklan yang akan diliat pada bagian atas feeds para pengguna TikTok dan ini merupakan salah satu iklan yang dinilai cukup efektif untuk menarik pengguna TikTok dalam mengenali produk kita sehingga brand awareness akan produk kita menjadi lebih baik lagi. Durasi iklan di bagian ini dapat mencapai 60 detik sehingga sangat cukup untuk menyampaikan konten yang baik untuk menarik pengguna lebih banyak lagi dalam mengenali produk kita
5. Branded Augmented Reality atau AR
Iklan ini merupakan jenis dimana seorang pembuat iklan membuat stiker atau filter spesial untuk dipergunakan oleh para pengguna TikTok secara luas. Dengan banyaknya penggunaan stiker atau filter yang dibuat oleh konten kreator maka akan berpengaruh secara signifikan pada tingkat pengetahuan para pengguna tiktok akan merek yang diusung oleh pembuat iklan.
Demikianlah 5 jenis iklan TikTok yang dapat sobat manfaatkan dan apabila membutuhkan bantuan professional dalam pembuatan iklan di TikTok.