Mohon tunggu...
Dipstrategy.co.id
Dipstrategy.co.id Mohon Tunggu... Konsultan - Sharing semua info dan tips terbaru tentang digital marketing, ui/ux, software development. untuk membangun kehadiran bisnis anda di dunia digital. https://dipstrategy.co.id/

Dipstrategy

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Cara Melacak Scroll pada Website

29 November 2021   10:28 Diperbarui: 6 Desember 2021   10:56 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Single page website telah dikenal sejak 2013 dan sampai saat ini masih banyak dipergunakan terutama untuk melakukan promosi. Untuk promosi, single page website merupakan media yang sangat cocok karena semua telah terangkum, mulai dari perkenalan, penjelasan produk dan juga bagaimana cara memperolehnya. Visitor juga hanya perlu scroll untuk mendapatkan informasi yang lengkap tanpa pindah halaman.

Dalam single page website ini, langkah yang kita lakukan untuk mengukur tingkat efektifitas website tersebut adalah dengan melihat aktifitas scroll visitor. Untuk mendapatkan info ini, tools yang dapat kita pergunakan adalah Google Tag Manager. GTM merupakan fitur yang ada di Google Analytics,  yang membantu digital agency mengetahui berapa jumlah visitor yang melakukan scroll 25%, 50%, 75% dan 100%.

Angka ini memberitahu kita seberapa jauh visitor melakukan scroll ke bawah. Angka 50% bermakna visitor melakukan scroll sampai setengah halaman, dan angka 100% berarti visitor melihat sampai akhir halaman.

Untuk dapat memperoleh angka scroll tersebut, akun website yang sudah kita daftarkan pada GTM dapat ditambahkan scroll tags, berikut ini cara untuk menambahkan scroll tags pada website:

  • Masuk keWorkspace Website pada GTM
  • Pilih tags kemudian buat tags baru, buat nama "Scroll 25%"
  • Pada bagian Tag Configuration pilih Universal Analytics
  • Pilih Event dibagian Track Type
  • Isi category, action, buat nama "Scroll 25%"
  • Isi value dengan angka satu
  • Checklist pada "enable overriding settings in this tag"
  • Isi tracking ID dengan kode Google Analytics website
  • Tambahkan triggering baru dengan nama "Scroll 25%"
  • Pilih Scroll Depth pada menu User Engagement, kemudian checklist pilihan vertical atau horizontal, scroll depths dan percentages sesuai kebutuhan.
  • Selanjutnya pilih All Pages pada bagian "this trigger fires on"
  • Simpan Tags dengan nama "Scroll 25%" kemudian klik submit
  • Untuk melihat apakah tags Scroll 25% sudah terpasang, kita bisa mengecek dengan klik Preview dan juga refresh website sehingga muncul notifikasi pemberitahuantentang tags sudah terpasang atau belum.
  • Untuk Tags baru dengan angka berbeda seperti Scroll 50%, 75%, dan 100% dapat dilakukan dengan mengulang langkah yang sama.

Hasil yang kita peroleh dari GTM ini dapat dipergunakan  untuk mengetahui apakah single web page tersebut sudah baik untuk promosi.

Angka 25%, 50%, 75% dan 100% menunjukkan berapa besar minat visitor terhadap content single page website yang dibuat oleh digital agency.

Apabila banyak visitor yang hanya sampai 25% berarti single web page tersebut perlu diperbaiki contentnya sehingga dapat lebih menarik minat visitor dan visitors mau scroll sampai bawah untuk mendapatkan informasi secara penuh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun