Bagas KurniaP
Bagas KurniaP Content Writer

Seorang remaja yang suka menulis informasi seputar fashion. fashionmuslim.info adalah website tempat saya menulis

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Tips Memilih Warna Cat Rumah Minimalis

25 Maret 2019   23:08 Diperbarui: 25 Maret 2019   23:12 19 0 0

Dalam memilih warna cat rumah minimalis, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dengan benar. Mulai dari kombinasi warna dasar, jenis ruangan, dan warna furniture yang akan digunakan untuk mendukung luas ruangan pada rumah minimalis. Oleh karena itu, perlu pertimbangan yang matang saat memilih warna cat rumah minimalis agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Cocok tidaknya penggunaan warna cat rumah minimalis juga tergantung dengan seleramu lho. Jadi tidak harus selalu diaplikasikan dengan penggunaan warna cat standar yang biasa dipakai pada rumah minimalis secara umum. Jika kamu punya inspirasi lain terhadap pemilihan warna cat rumah yang bagus, jangan ragu untuk menerapkannya pada rumah minimalis milikmu ya.

Nah, di bawah ini kami akan membagikan tips memilih warna cat rumah minimalis yang bagus, dan bisa kamu coba terapkan untuk mewujudkan rumah impian yang indah dan berkesan.

1. Pilih warna yang memberi efek luas

Rumah minimalis pasti identik dengan ruangan yang kecil dan sempit. Untuk itu, dalam memilih warna cat rumah minimalis, pilihlah warna-warna yang mampu memberikan efek luas dan lapang saat sudah diaplikasikan. Warna-warna netral yang cerah seperti putih, abu-abu, dan pastel terbukti dapat memberikan efek luas dan lapang pada ruangan. Kamu bisa memilih warna netral ini untuk diaplikasikan pada rumah minimalis mu.

2. Sesuaikan dengan karakter kamu

Setiap warna tentu memiliki arti dan efek psikologis masing-masing, sehingga pemilihan warna cat rumah menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Warna cat rumah juga dianggap sebagai hal yang bisa mencerminkan kepribadian pemilik rumah itu sendiri. Untuk itu, jangan sampai kamu asal memilih warna cat rumah minimalis yang tidak sesuai dengan kepribadianmu, yang justru membuat suasana rumahmu terasa asing.

3. Uji warna cat pilihanmu

Jika kamu masih belum yakin dengan warna cat rumah minimalis yang ingin kamu pilih, uji coba dulu warna cat di salah satu tembok yang tidak terlalu luas. Bisa di kamar mandi, tembok lorong antar ruangan, atau di bagian tembok yang akan ditutupi oleh wallpaper dinding. Pilih area yang mudah dilihat agar kamu bisa dengan mudah melihat seperti apa hasilnya. Memilih warna cat rumah minimalis yang bagus tidak akan sulit jika disesuaikan dengan tema yang kamu pakai.

4. Bedakan warna cat setiap ruangan

Meski minimalis, rumahmu pasti memiliki banyak ruangan dan tidak hanya sekedar satu ruangan saja. Untuk itu, kamu harus memilih warna cat rumah yang bagus untuk setiap ruangan. Selain bagus, keserasian pastinya menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Warna cat setiap ruangan harus mempunyai komposisi yang seimbang agar saling mendukung ruangan lainnya.

Saat kamu akan memilih warna cat rumah minimalis yang bagus, sebaiknya pertimbangkan suasana masing-masing ruangan terlebih dahulu. Misalnya, suasana kamar tidur pasti akan berbeda dengan suasana ruang tamu. Kamar tidur biasanya akan lebih menggunakan warna-warna yang lembut agar terkesan lebih hangat dan meningkatkan suasana ingin istirahatmu.

Pemilihan warna setiap ruangan biasanya akan berbeda-beda tergantung dengan suasana dan konsep yang ingin ditampilkan. Tidak hanya itu, memilih warna cat ruangan sesuai mood juga akan membuat ruangan terkesan lebih bagus dan menarik.

5. Warna cat rumah minimalis dengan finishing yang berbeda

Penggunaan cat dengan finishing warna yang berbeda ini akan menghasilkan tampilan yang berbeda dan lebih bagus pada rumah minimalis milikmu. Misalnya, dinding dengan aksen garis-garis pembatasnya memiliki hue yang sama, tapi gunakan warna-warna matte sebagai finishing di bagian dinding dan warna-warna satin pada bagian garis pembatas.

Kombinasi warna atau mix and match adalah salah satu kunci untuk menemukan warna cat rumah minimalis yang bagus. Banyak kombinasi yang bisa kamu coba untuk mewarnai rumah minimalis mu. Gunakan juga intuisi dan kreativitas dalam memilih warna cat rumah minimalis yang cocok dengan kepribadianmu. Hal ini juga berlaku bagi pemilihan dekorasi rumah lho.