Saya mencoba ikut kegiatan  Workshop Nasional Menulis Penelitian Tindakan Kelas  Workshop dilaksanakan selama tiga hari. Waktu pelaksanakan workshop dimulai pukul 15.00- selesai.Â
Hari pertama workshop, membahas tentang Konsep dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pembahasan materi diawali dari materi tentang 'apa itu PTK?' Narasumber Bapak Randi Pratama, .menuliskan pengertian PTK. Menurut    istilah,  PTK  adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dalam bentuk berbagai kegiatan yang bertujuan untuk memperbaiki dan  meningkatkan mutu pembelajaran di kelas..
Sebenarnya, masih menurut Bapak Randi, penelitian tindakan kelas atau yang sering dikenal dengan istilah Action Research tersebut, sebenarnya sudah dilakukan sejak sekitar tahun  1946. Dan sampai saat ini masih terus dilakukan. Untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran.
Apabila kita ingin melakukan kegiatan PTK, maka kita harus bisa mengidentifikasi berbagai masalah yang ada di dalam kelas. Setelah masalah yang ada di kelas diidentifikasi, kita pilih mana yang akan kita cari solusinya terlebih dahulu.Â
Adapun langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam merencanakan penelitian tindakan kelas, yakniÂ
menentukan judul ,
 menuliskan latar belakang masalah sesuai judul
membuat rumusan masalah,Â
menentukan tujuan penelitianÂ
Mencari teori terkait judul/ masalah, bisa di buku-buku, e book, artikel, ataupun jurnal.Â
Menentukan metode penelitian terutama metode analisis datanya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas sangatlah sederhana, metode analisis data kuantitatif biasanya average /rata-rata. Atau menggunakan metode analisis data kualitatif (deskriptif) Â juga bisa
Membuat rencana siklus dan tahapan-tahapan pembelajaran. Untuk pemula, mungkin dua siklus saja, tiap siklus ada dua tahapan pembelajaran. Termasuk didalamnya menyiapkan RPP , lembar observasi, perangkat tes, daftar nilai, dan sebagainya setelah dirasa siap semuanya, kita tentukan waktu dan tempat penelitiannya.Â
Ketika akan melaksanakan penelitian, maka kita butuh observer yang akan membantu mengobservasi selama kita melakukan penelitian. Observernya, sebaiknya teman sejawat, agar selama kita melakukan melakukan praktik pembelajaran merasa nyaman.Â
Ketika kita melakukan penelitian, maka kita harus merefleksi hasil pembakaran pada tiap tahapan maupun siklus. Hal ini untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam menyusun siklus dan tahapan-tahapan pembelajaran berikutnya.
Setelah semuanya siap, kita segera melakukan penelitian tindakan kelas. Dibantu observer. Kita bisa berdiskusi dengan observer terkait pelaksanaan pembelajaran, apa ada yang kurang atau perlu diperbaiki. Bisa juga berdiskusi dengan teman sejawat yang lain.
Langkah selanjutnya adalah membuat laporan penelitian.Â
Demikian ringkasan hasil Bimtek Nasional Penulisan PTK hari pertama , Senin, 3 Oktober 2022 secara zoom meeting dan live streaming di channel YouTube Guru Inovatif Indonesia. Dengan narasumber  Bapak Randi Pratama.