Mohon tunggu...
Bi yani
Bi yani Mohon Tunggu... Guru - Guru SD Muhammadiyah Sendangtirta Berbah Sleman Yogyakarta

Saya lahir di Kulon Progo pada tanggal 1971. Pendidikan saya mengenyam pendidikan, SD dan SMP di Kecamatan Samigaluh kabupaten Kulon Progo. SMA di SMAN 4 Bhe Yogyakarta. Kuliah S1 di Fakultas Dakwah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta lulus tahun 1997. Pendidikan terakhir saya S2 UIN sunan Kalijaga Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Persediaan Obat di Rumah Itu Penting untuk Pertolongan Pertama

19 Mei 2022   04:54 Diperbarui: 19 Mei 2022   11:30 196 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

       Topik ini mengingatkan kita pada P3K yang wajib ada di ruang UKS sekolah. Tujuannya diadakan P3K di UKS adalah untuk usaha menolong  siswa jika ada yang terkena sakit. 

Hal itu pula yang saya pikirkan, saat pertama stok obat di rumah. Ada bermacam obat di rumah, seperti Paracetamol, promag atau sejenisnya, diatab atau sejenisnya, minyak kayu puti, Betadine, kasa, kapas, serta beberapa salep sisa penggunaan yang belum kadaluwarsa. Saya biasa menyimpan salep yang tidak habis pakai. 

      Disamping obat-obatan, saya juga menyimpan buku-buku pengobatan untuk Penolongan pertama maupun buku terkait pijat dan herbal. Buku ini menjadi penting, saat ada anggota keluarga yang sakit, namun saya tidak memiliki obatnya, maka buku herbal jadi solusi, barang kali di dapur atau di sekitar rumah ada herbal yang bisa untuk mengatasi sakit tersebut.

      Saya juga membaca berbagai informasi tentang berbagai penyakit di Google seperti hallodoc. Selain itu, jika tubuh salah satu anggota ada yang sakit maka saya mencari informasi sebanyak-banyaknya, barang kali ada cara mengatasinya sebelum dibawa ke dokter.

      Selain itu, buka buku info herbal juga saya lakukan. Sehingga saya menjadi tahu banyak hal, jika batuk pilek apa yang harus saya cari dan gunakan, bila sakit gigi harus bagaimana mengatasinya, bila demam bagaimana, bila diare bagaimana mengatasinya. 

Sehingga tiap ada yang sakit, kami tidak terbiasa lagi buru-buru ke dokter. Karena ke dokter klinik keluarga jauh, dan kadang harus menunggu lama saat antre pemeriksaan. 

Alhamdulillah, berkat usaha dan kebiasaan saya itu, keluarga kami lebih terjaga kesehatannya. Bila hanya batuk pilek tidak perlu ke dokter lagi. 

Cukup memarut bawang putih bawang merah kemudian dioleskan cairannya di leher dan sekitar hidung sudah sembuh, bila tenggorokan terasa agak gatal seperti mau radang cukup mengiris bawang putih kemudian dioleskan di leher depan sudanh langsung hilang. 

Bila sakit gigi cukup berkumur air garam bisa meredakan sementara  rasa sakit gigi , sembari menunggu jadwal periksa dokter. Bila terkena pisau atau benda tajam sudah ada tanaman Betadine yang getahnya  untuk mendetesi luka sehingga cepat menutup.

 Bila kaki terasa pegal ', cukup ambil bawang merah kemudian diiris-iris atau diparut kemudian dibalurkan di kaki yang pegal, bisa sembuh. Jika tulang belakang agak sakit, cukup mengiris jeruk nipis kemudian dibalurkan ke bagian sakit, juga sembuh.  

Bila ada yang diare, cukup menyeduh teh celup dua dengan air dua sendok kemudian diminum sudah reda, atau memarut kunyit kemudian diminum juga bisa mengatasi diare. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan