Mohon tunggu...
Uwaz 1453
Uwaz 1453 Mohon Tunggu... Lainnya - Gemar membaca dan lagi belajar menulis tentang Bisnis Digital

Jika ingin MENGENAL dunia maka MEMBACALAH dan bila ingin DIKENAL dunia maka MENULISLAH kemudian ikatlah ilmu dengan menuliskannya.

Selanjutnya

Tutup

Money

BDS #21: Langkah yang Tak Terlihat dalam Bisnis Digital

5 November 2020   16:13 Diperbarui: 5 November 2020   16:17 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

BisnisDigital101 present

Bisnis digital Series Artikel ke-21

"Langkah yang tak Terlihat dalam Bisnis Digital"

Di artikel kali ini saya ingin membagi tip mengenai sebuah langkah yang jarang sekali dilakukan oleh para pelau digital marketing.

Langkah yang tidak terlihat ketika kita berbisnis, khususnya bisnis digital.

Pasti sudah pada tahu bahwa langkah inti di bisnis digital itu seperti ini :
1. Dapatkan traffic atau pengunjung
2. Dapatkan leads atau kontaknya
3. Follow-up atau building relationship
4. Beri penawaran

Konsepnya kebanyakan seperti itu. Mungkin ada variasi-variasi yang lain. Tapi intinya tetap sama. Hanya saja ada langkah yang terlewati. Langkah apa coba?

Saya berani bertaruh pasti tidak ketebak. Dengan langkah ini, kita bisa memenangkan persaingan bahkan sebelum pergi bertempur. Banyak para pelaku digital marketing yang bahkan belum tahu langkah ini.

Mereka merasa sudah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh calon konsumennya. Kemudian melakukan promosi besar-besaran. Tentu saja itu bisa menghasilkan, tapi itu bukan benar-benar bisnis yang bisa diukur. 

Kalau kita bisa mengukur sebuah bisnis, kita bisa merencanakan untuk memperbesar skala bisnis kita. Kita tahu bagaimana langkah yang tepat untuk memperbesar skala bisnis kita.

Nah, langkah yang terlewati adalah BAGAIMANA MENENTUKAN dan MENGENAL AUDIENCE.

Kalau kita mengenal apa yang menjadi kesulitan calon konsumen, kita bisa berkomunikasi dengan baik. Kalau kita berkomunikasi dengan baik, terjadilah relationship yang baik juga. Akhirnya kita memiliki konsumen yang loyal yang bisa menjaga bisnis kita tetap besar.

Cara inilah yang digunakan oleh perusahaan bernilai miliaran dolar seperti Facebook, Google, Dropbox, dan Instagram. Disini kita membangun bisnis yang bisa diukur, bisa diperbesar skalanya, menguntungkan, stabil, dan tahan lama.

Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi.

NB: Saya boleh minta tolong?

...terima kasih untuk bantuan RATING nya dengan

...KLIK  tombol BERMANFAAT atau INSPIRATIF...

...sehingga saya bisa terus semangat untuk terus berbagi

melalui tulisan di blog ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun