Perkembangan E-Sports di Indonesia bisa dibilang cukup pesat. Banyak dari masyarakat, terutama remaja dan orang dewasa yang mengetahui cabang olahraga ini. Hal ini bisa dibuktikan pada kompetisi Asian Games 2018 dan PON XX Papua 2021 yang menyertakan E-Sports sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Sekarang pun mulai banyak akademi-akademi E-Sports dan institusi-institusi yang membuka jurusan E-Sports bagi mahasiswanya. Hal ini menunjukkan bahwa E-Sports berusaha untuk menjadi bagian dari masyarakat, sama seperti olahraga konvensional.
 Sayangnya, meskipun perkembangan E-Sports di Indonesia cukup pesat, tetapi faktanya masih banyak dari kalangan masyarakat yang belum mengetahui tentang seluk-beluk dari E-Sports  itu sendiri. Alasannya ialah karena kurangnya berita atau informasi mengenai hal tersebut. Nah, di sinilah peran dari media massa sangat krusial dalam memberitakan hal-hal mengenai industri E-Sports. Sekarang pun sudah banyak media-media di internet yang memberitakan tentang E-Sports. Dan ada juga media khusus yang selalu memberitakan tentang informasi terkini mengenai E-Sports.
 Selain menggunakan media di internet sebagai penyebaran informasi mengenai E-Sports, pelaku industri E-Sports juga bisa menggunakan televisi sebagai media promosi E-Sports. Hal ini disebabkan karena sebagian besar masyarakat Indonesia mendapatkan berita terkini dari televisi, selain dari internet. Karena televisi mempunyai jangkauan promosi yang luas, orang yang tidak mengetahui atau tidak menggunakan internet akan tertarik dengan hal ini. Terutama bagi kaum muda yang menggemari game E-Sports dan mungkin saja setelah menonton tayangan informasi mengenai E-Sports tersebut, si anak mulai terbentuk pola pikirnya dan bercita-cita menjadi atlet E-Sports profesional.
Hal lainnya yang dapat mendorong promosi E-Sports ini yaitu dengan mengadakan turnamen-turnamen E-Sports. Tujuan utama diadakannya turnamen ini adalah untuk menjaring bakat-bakat pemain E-Sports yang potensial untuk direkrut ke tim-tim resmi E-Sports. Kemudian tim-tim ini melatih mereka agar menjadi atlet E-Sports yang berbakat serta profesional.
Tujuan lain diadakannya turnamen ini adalah untuk mempromosikan game-game yang dipertandingkan dalam turnamen agar masyarakat semakin mengenal game-game tersebut. Selain itu, pelaku industri E-Sports juga bisa menarik lebih banyak pihak untuk bekerja sama yang salah satu contohnya dalam bentuk sponsorship. Jika dilihat dari sudut pandang para atlet E-Sports, keberadaan turnamen ini memberikan dampak positif. Dampak positifnya yaitu para atlet bisa menunjukkan kemampuannya saat ini. Dan bila ada yang kurang mengenai kemampuannya, mereka bisa mengevaluasinya agar kejadian tersebut tidak terjadi lagi di turnamen-turnamen selanjutnya.