Mohon tunggu...
Suyut Utomo
Suyut Utomo Mohon Tunggu... Travel | Content creator | Video | Writing

Menceritakan apa yang dialamii lewat tuisan dan video

Selanjutnya

Tutup

Travel

Mesin Sehat untuk Touring Jakarta-Bandung

29 Juni 2019   10:51 Diperbarui: 2 Juli 2019   16:00 35 0 0 Mohon Tunggu...
Mesin Sehat untuk Touring Jakarta-Bandung
Jalur kawasan Puncak. (doc: Metro Tempo.co)

Melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor mempunyai sensasi tersendiri dibandingkan dengan moda transportasi roda 4  atau yang lain. 

Dengan sepeda motor kita bisa merasakan langsung hembusan udara segar tanpa membuka jendela, memlih jalur yang tidak bisa dilalui trasportasi lain yang lebih besar ukurannya, dan sensasi sensasi lainnya.

Banyak Jalan Menuju Roma, salah satu petikan kalimat yang popular juga berlaku untuk salah satu tujuan touring ke Bandung, Jawa Barat. Ibukota Jawa Barat itu mempunyai tujuan wisata yang menjadi favorit kota kota sekitarnya atau provinsi tetangga seperti Jakarta.

Salah satu jalur menarik Jakarta -- Bandung  adalah  melewati  Bogor lalu ke arah Cisarua, antara Cisarua dan Cibodas  adalah kawasan yang lebih dikenal dengan Puncak pass, dikawasan ini akan disuguhi pemandangan kebun teh serta  jalan khas pegunungan yaitu banyak tanjakan dan  tikungan, salah satu jalur yang mempunyai sensasi tersendiri ketika bersepeda motor.

Selepas Cibodas akan memasuki kota Cianjur, selanjutnya dalah kota Cipatat, Padalarang, Cimahi lalu sampai di Kota Bandung. Total jarak Jakarta -- Bandung dijalur kira kira 160 kiolmeter.

Hal hal yang perlu diperhatikan untuk touring sepeda motor khususnya dijalur seperti ini adalah, tentunya mengunakan perlekapan kendaran untuk keamanan dan kenyamanan seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu. 

Perlengkapan motor juga tidak kalah penting seperti surat kelengkapan kendaraan seperti SIM dan STNK, cek semua bagian motor seperti lampu lampu, kondisi ban, dan lain lain.

Pemilihan bahan bakar juga menjadi perhatian jika ingin melakukan perjalanan bermotor. Terutama jika ingin melewati jalan yang mempunyai kontur menanjak seperti di kawasan puncak. 

Perjalanan panjang dan menanjakan akan memacu performa mesin lebih ekstra, sehingga mesin akan lebih cepat panas. Bahan bakar seperti Shell V-Power yang mempunyai teknologi Dynavlex dengan 3 kali molekul pembersih sehingga dapat membersihkan endapan dan mengurangi gesekan hingga 80 %, dengan berkurangnya  gesekan di mesin otomatis akan mengurangi panas yang timbul, sehingga performa mesin dapat terjaga. 

Terdapat SPBU Shell yang menyediakan Shell V Power sebelum memasuki jalur ini jika berangkat dari Jakarta,  yaitu yang berlokasi di Jl. Mh. Thamrin Sentul City, Bogor. Pastikan tangki motor terisi penuh agar perjalanan lebih nyaman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN