Mohon tunggu...
ellazuardi
ellazuardi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Menyukai buku

Tulisan lain ada di www.jurnaljasmin.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kegagalan Barcelona di Liga Champions dan Kerinduan pada Lionel Messi

11 Desember 2021   19:05 Diperbarui: 11 Desember 2021   19:06 442 24 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lionel Messi saat memenangkan Piala Champions 2011 bersama Barcelona.Foto:Lluis Gene/AFP/liputan6.com

Barcelona dipastikan tersingkir lebih awal di Liga Champions 2021/2022.Kegagalan meraup poin pada laga terakhir melawan Bayern Munchen membuat wakil Spanyol itu hanya menempati urutan tiga sehingga gagal ke babak berikutnya.

Rasa sedih dan kecewa melingkupi para suporter dan para punggawa Barcelona.Perlahan kerinduan akan sosok Lionel Messi hadir kembali.Kenangan indah akan mantan pahlawan mereka ini.

"Ah,seandainya ada Messi keadaan takkan seburuk ini.Barcelona akan baik-baik saja",demikian banyak yang bergumam.Ya,Messi adalah andalan utama Barcelona selama 17 musim.

Kini Messi telah pergi.Tidak berbaju Barcelona lagi sejak awal musim ini.Sebuah kepergian yang menggoreskan luka mendalam di hati para pencinta Barcelona.

Dan yang lebih membuat sedih para cules,sebutan bagi fans Barcelona,adalah bahwa Messi berhasil membawa klub barunya,Paris Saint Germaint lolos dari fase grup dan menyumbangkan lima gol.

Kehadiran Messi adalah berkah bagi klub yang diperkuatnya.Termasuk di Liga Champions.Sebagai catatan,Barcelona,klub yang selama ini diperkuat Messi, terakhir kali bermain di Piala UEFA (sekarang Europa League ) pada musim 2003/2004.Satu musim sebelum Messi datang.Dan kembali lagi ke kompetisi itu ketika Messi baru saja meninggalkan klub.Sungguh merupakan sebuah ironi !

Messi adalah sosok penting dibalik kejayaan Barcelona,khususnya di Liga Champions dalam dua dekade terakhir.Dari lima Piala Champions yang pernah singgah ke lemari salah satu klub terbesar Spanyol ini,Messi empat kali menjadi bagian diantaranya.Sumbangsih yang tidak main-main bukan?

Diawali dari musim 2005/2006 saat ditangani Frank Rijkard.Berlanjut dua kali bersama pelatih Josep Guardiola musim 2008/2009 dan 2010/2011.Dan diakhiri musim 2014/2015 dengan pelatih Luis Enrique.

Ketergantungan Barcelona sangat besar pada Messi,terutama dalam hal urusan mencetak gol.Statistik mencatat Messi telah menyumbangkan 120 gol dalam 149 kali penampilannya bersama Barcelona di Liga Champions.

Dan dengan ketiadaan Messi dalam tim membuat keran gol Barcelona jadi macet.Musim ini Barcelona hanya sanggup membuat dua gol dalam enam penampilan di babak kualifikasi.Sesuatu yang tak lazim bagi Barcelona.Apalagi bagi klub yang punya filosofi menyerang.Akibatnya klub asuhan Xavi Hernandez ini jarang mendapat poin maksimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan