Mohon tunggu...
ellazuardi
ellazuardi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Menyukai buku

Tulisan lain ada di www.jurnaljasmin.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Dejavu Dua Dekade Lalu; Bayang-bayang Kegagalan Barcelona di Liga Champions

24 November 2021   09:16 Diperbarui: 24 November 2021   10:43 103 21 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Raut kecewa para pemain Barcelona usai bermain imbang 0-0 dengan Benfica.Foto:Lluis Gene/AFP/tribunnews.com

 "Kami jauh lebih unggul dari Benfica, tetapi kami gagal meraih satu kemenangan lagi" (Xavi Hernandez)

Tak ada euforia,tak ada wajah yang ceria.Kecemasan kini melanda kubu Barcelona.Dejavu dua dekade silam dan bayang-bayang kegagalan di Liga Champions kini menghantui mereka.

Barcelona melewatkan satu partai penting di matchday kelima Liga Champions 2021/2022 ketika wakil Spanyol ini hanya bermain imbang 0-0 melawan Benfica di stadion Camp Nou,23 November 2021 waktu setempat.Hasil ini menempatkan Barcelona di posisi dua grup E dengan poin 7,tapi terancam tidak lolos dari fase grup seperti pengalaman dua puluh satu tahun lalu.

Lebih dari dua puluh tahun lalu,tepatnya di musim 2000/2001 Barcelona yang kala itu dinakhodai  Lorenzo Serra Ferrer gagal menuju fase knock out setelah hanya berada di posisi tiga di bawah AC Milan dan Leeds United.Padahal mereka berstatus runner up La Liga dan semifinalis UCL sebelumnya.

Nama-nama beken seperti Emmanuel Petit,Luis Enrique,Josep Guardiola,Rivaldo termasuk juga Xavi Hernandez,pelatih  Barcelona saat ini hanya sanggup mengoleksi delapan poin.Hasil dari dua kemenangan atas Leeds United dan Besiktas serta dua kali seri melawan AC Milan dan Leeds.Alhasil Barcelona harus terlempar ke Europa League.

Kini,dua puluh satu tahun berikutnya,kegagalan serupa kembali mengancam.Tim besutan Xavi Hernandez ini gagal mengamankan tiga poin di kandang sendiri.Dan harus berjuang hingga fase akhir guna memastikan peluang.

Masalahnya adalah pada pertandingan terakhir,Barcelona harus bertandang ke kandang Bayern Munchen,tim yang selalu menyulitkan mereka dalam beberapa tahun belakangan ini dan sudah memastikan lolos dari penyisihan grup.Sehingga peluang untuk menang amat tipis.

Sementara Benfica,saingan terdekat mereka hanya menghadapi Dynamo Kyiv,tim terlemah grup ini.Sehingga bila Barcelona kalah dan Benfica menang,maka Benficalah yang akan mendampingi Munchen ke fase knock out

Barcelona sebenarnya berpeluang memenangkan pertandingan melawan Benfica tadi malam.Statistik mencatat,tim berjuluk azulgrana ini mendominasi permainan dengan 66 persen penguasaan bola dan membuat 14 kali percobaan tapi hanya 3 yang tepat sasaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan