Mohon tunggu...
ellazuardi
ellazuardi Mohon Tunggu... Menyukai buku

Tulisan lain ada di www.jurnaljasmin.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Viral Perlakuan Kurang Menyenangkan Pedagang Malioboro, Bagaimana Menyikapinya?

3 Juni 2021   20:06 Diperbarui: 3 Juni 2021   20:13 35 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Viral Perlakuan Kurang Menyenangkan Pedagang Malioboro, Bagaimana Menyikapinya?
Kawasan Malioboro Yogyakarta.Foto :Andreas Fitri Atmoko/antara foto via kompas.com

Karena nila setitik,rusak susu sebelanga.Karena ulah oknum yang kurang baik,rusaklah nama baik Yogyakarta.

Kota Yogyakarta khususnya kawasan Malioboro jadi perbincangan netizen akhir-akhir ini.Tapi bukan tentang keramahannya.Melainkan beberapa ketidaknyamanan yang dialami beberapa pengunjungnya.

Mulai dari kisah pecel lele mahal seharga Rp. 37.000 itu.Berlanjut pada parkir mahal dimana mobil diminta Rp.20.000 bahkan lebih ,sementara untuk bus mencapai Rp.100.000.Dan terakhir tentang perlakuan kurang menyenangkan pedagang kaki lima

Ada apa dengan Yogya? Apakah Yogya sudah bersalin rupa? Dulu ramah sekarang tak ramah?

Sebuah akun @azizah2291 mengatakan pada akun resmi @pemkotjogja bahwa dirinya dua kali mendapat perlakuan kasar oknum pedagang kaki lima Malioboro karena tak jadi membeli.Hingga membuat dirinya trauma dan tak ingin ke Yogya lagi.

Miris memang apa yang dilakukan pedagang tersebut.Bagaimanapun juga meskipun pelakunya cuma satu dua orang tetap saja tak boleh ditolelir.Pelakunya harus diberi peringatan keras agar tak terulang lagi di masa mendatang.

Menyikapi hal ini ada beberapa hal yang perlu kita renungkan khususnya para pelaku usaha agar bisa terus memberi kenyamanan berwiasata di Yogya bagi para pengunjung dari luar daerah.

Pertama mari kita biasakan lagi budaya 5 s.Senyum,sapa,sopan,santun,dan sabar.

Dengan senyum dan sapa pengunjung akan menjadi tertarik.Dengan bersikap sopan dan santun para pengunjung akan merasa nyaman dan dihargai.Dengan sabar para pedagang akan terhindar dari terpancing emosi atau berbuat kasar kepada pengunjung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x