Mohon tunggu...
ellazuardi
ellazuardi Mohon Tunggu... Menyukai buku

www.jurnaljasmin.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ditahan Imbang Levante, Ketika Juara La Liga Hanya Sebatas Utopia bagi Barcelona

12 Mei 2021   20:48 Diperbarui: 12 Mei 2021   21:03 94 13 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ditahan Imbang Levante, Ketika Juara La Liga Hanya Sebatas Utopia bagi Barcelona
Barcelona ditahan imbang Levante 3-3 pada pekan ke 36 La Liga. Foto: Jose Jordan/AFP via medcom.id

Ambisi Barcelona merebut gelar juara La Liga musim ini makin berat usai klub asuhan pelatih Ronald Koeman itu ditahan imbang klub papan tengah Levante 1-1 pada pekan ke 36 La Liga, Selasa  11 Mei 2021 waktu setempat.T ambahan satu poin dari laga ini membuat klub asal Catalan ini praktis  gagal menembus puncak klasemen dan tertahan di posisi dua dengan 76 poin dari 36 laga.

Ini merupakan kali ketiga Barcelona membuang kesempatan memimpin klasemen dalam sebulan terakhir. Sebelumnya klub berseragam merah biru ini mendapatkan dua kali kesempatan memimpin klasemen yang kedua-duanya gagal dimanfaatkan para pemain Barcelona. Mereka kalah 1-2 atas Granada pada pekan ke 33 dan bermain imbang tanpa gol melawan Atletico Madrid pada pekan lalu. Alhasil mereka hanya mampu meraup 5 poin dari 12 poin maksimal yang bisa mereka dapatkan dalam empat laga terakhir.

Bertandang ke Estadio de Ciutat de Valencia, laskar azulgrana, julukan Barcelona mengusung misi wajib menang. Pelatih Ronald Koeman membuat formasi 3-1-4-2 dengan trio Clement Lenglet, Gerard Pique, dan Ronald Araujo di barisan belakang serta Sergio Busquets sebagai gelandang penghubung dengan barisan tengah yang diperankan Pedri, Frankie de Jong,Jordi Alba,serta Oscar Dembele. Sedangkan lini depan ditempati duet Lionel Messi dan Antoine Griezmann.

Laga sepertinya akan menjadi milik Barcelona ketika Messi dkk memimpin babak pertama 2-0 lewat gol Messi dan Pedri.Gol pertama tercipta pada menit 25 ketika Jordi Alba mengirimkan umpan dari sisi kanan pertahanan Levante yang mengenai kepala Jorge Miramon, pemain Levante. Bola yang kemudian jatuh di kaki Messi, disambar pemain asal Argentina ini dengan sebuah tendangan voli sambil menjatuhkan diri.

Sementara gol kedua tercipta sembilan menit kemudian lewat kaki gelandang nereka, Pedri.Pedri yang berada di depan gawang waktu itu dengan mudah menceploskan bola ke gawang Levante setelah menerima umpan tarik dari Osman Dembelle.

Di babak kedua diluar dugaan Levante memberi perlawanan dan berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Gonzalo Melero menit ke 57 serta gol Jose Luis Morales dua menit kemudian. Barcelona sempat kembali leading pada menit 64 lewat tendangan keras Osman Dembelle. Namun sayang Levante  berhasil menyamakan kedudukan setelah Sergio Leon yang berhasil  masuk ke depan gawang dan dengan mudah  mengoyak gawang Baeca untuk ketiga kalinya.

Barisan belakang menjadi pihak yang bertanggung jawab atas kegagalan Barca meraih kemenangan kali ini. Hal ini tampak sekali pada babak kedua, khususnya pada sektor kanan yang ditempati Sergi Roberto yang masuk menggantikan Ronakd Araujo. Lemahnya koordinasi dan pergerakan yang lambat menutup ruang gerak pemain lawan serta sebuah kesalahan kecil yang berhasil dimanfaatkan lawan membuat gawang Barvelona yang dikawal Marc Ter Stegen mudah ditembus.

Mengomentari hasil ini, pelatih Barca, Ronald Koeman hanya bisa pasrah. "Kami tentu sangat kecewa. Kami bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Sebagai pelatih saya tentu bertanggung jawab pada situasi ini.Kami harus segera melupakan musim ini dan bersiap menuju musim depan," ujar pelatih asal Belanda itu seperti dikutip situs Marca.com.

Komentar senada juga diungkapkan gelandang Barca,Sergio Busquets."Kami mendapatkan posisi di mana kami merasa sudah bermain dengan baik. tapi liga sudah berakhur untuk kami sekarang," komentarnya pada Barca TV.

Dengan hanya menyisakan dua pertandingan melawan Celta Vigo dan Eibar peluang Barcelona menjuarai La Liga sudah hampir tertutup. Bahkan mereka terancam terlempar ke posisi tiga jika Atletico dan Real Madrid meraih hasil maksimal dari tiga pertandingan sisa yang mereka miliki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN