Mohon tunggu...
ellazuardi
ellazuardi Mohon Tunggu... Menyukai buku

www.jurnaljasmin.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Hal-hal yang Harus Dilakukan untuk Menepis Keraguan pada Vaksin Covid-19

26 Januari 2021   08:05 Diperbarui: 26 Januari 2021   08:23 151 47 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hal-hal yang Harus Dilakukan untuk Menepis Keraguan pada Vaksin Covid-19
Presiden Joko Widodo menjalani penyuntikan perdana vaksin Covid 19 (Biro Pers Sekretariat Presiden/tribunnews.com)

Pemberian vaksin merupakan satu-satunya cara dalam menanggulangi bahaya virus Corona saat ini. Pemerintah Indonesia telah memulai program pemberian vaksin ini yang ditandai dengan penyuntikan perdana pada presiden Joko Widodo pada 14 Januari lalu yang diikuti sejumlah pejabat lain dan tokoh lainnya di sejumlah daerah. Meski demikian di kalangan masyarakat masih timbul polemik terkait program ini.

Beberapa hal yang saat ini masih dipertanyakan antara lain efikasi dan efek samping yang timbul setelah vaksinasi.Ada sebagian orang yang masih kurang yakin dengan keefektivan vaksin yang digunakan.Sebagian lain mengkhawatirkan efek samping pasca vaksinasi nanti.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menepis semua keraguan tentang proses vaksinasi ini.

Pertama,kita perlu mencari informasi yang benar dan valid tentang vaksin itu sendiri,khususnya vaksin Sinovac  yang dipakai di Indonesia.

Mari kita cari infonya pada sumber-sumber terpercaya,khususnya yang dikeluarkan sumber resmi dari Kemenkes atau Satgas Covid 19.Pelajari sepenuhnya apa itu vaksin Sinovac,prosedur pelaksanaannya,serta efek sampingnya.

Seperti kita ketahui vaksin Sinovac dibuat dari virus mati (inactived virus) yang tidak berbahaya bagi tubuh.Vaksin ini harus disuntikkan dua kali untuk membentuk antibodi yang bertugas melawan virus.

Sementara golongan yang bisa menerima vaksin adalah berusia antara 18 - 59 tahun.Dalam kondisi sehat.Tidak demam.Dan tidak memiliki penyakit   autoimun dan juga penyakit penyerta seperti diabetes dan hipertensi.

Dengan bekal informasi yang cukup diharapkan bisa menambah kesiapan kita untuk divaksin.

Kedua,mari membentuk keyakinan dalam diri bahwa diri kita perlu divaksin.

Setelah mengerti dengan seluk beluk vaksin yakinkan diri bahwa pemberian vaksin adalah tindakan yang tepat dan terbaik dalam menangkal bahaya virus Corona saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x