Mohon tunggu...
Binti Zakkiyatul Faqiroh
Binti Zakkiyatul Faqiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Berikut adalah akun kompasiana saya yang akan digunakan untuk mempublish beberapa hasil karya ilmiah yang pernah saya tulis selama masa pandemi covid-19

Binti Zakkiyatul Faqiroh Mahasiswi Jurusan S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembuatan Produk Mengenai Standar Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva

24 Oktober 2021   11:17 Diperbarui: 24 Oktober 2021   11:23 117 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kegiatan Workshop untuk Guru-Guru SMP Wahid Hasyim Malang/Dokpri

Berdasarkan instruksi dari pengawas SMP Wahid Hasyim Malang Bapak Siswanto, S.Pd, MT pada saat kegiatan Workshop untuk guru-guru hari Kamis, 30 September 2021 lalu. Dimana membahas terkait beberapa aplikasi atau media pembelajaran yang dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran baik daring atau luring. 

Membuat seluruh guru SMP Wahid Hasyim merasa kebingungan untuk membuat media pembelajaran yang sekiranya mereka mampu untuk mengoperasikannya. Sebab sejak selesainya pelaksanaan kegiatan Workshop tersebut, banyak guru yang kesulitan dengan media pembelajaran yang dikenalkan oleh pengawas. 

Mereka merasa bahwa pengawas ini memberikan atau mengenalkan media pembelajaran yang sangat sulit dipahami dan dioperasikan baik oleh guru muda atau guru tua.

Sehingga pada akhirnya daripada guru-guru ini kesulitan dengan media pembelajaran dan membuat mereka tidak mengerjakan produk yang diperintahkan oleh pengawas tersebut. 

Selaku Kepala Sekolah SMP Wahid Hasyim Malang Ibu Dra. Siti Masruroh menyarankan pada guru-guru untuk membuat aplikasi canva saja, dikarenakan hal tersebut juga sekaligus untuk menindaklanjuti pelaksanaan pelatihan yang sudah dilakukan oleh mahasiswa KPL UM. 

"Saya itu bingung Mbk awalnya itu Workshop ini bertemakan media pembelajaran yang dikenalkan oleh Pak Sis, tapi karena guru-guru disini semua bingung dan merasa kesulitan dengan media pembelajaran tersebut. Maka saya ganti tema Workshop dengan media pembelajaran canva, soalnya kan kemarin dari KPL UM ada acara pelatihan canva nah biar mahasiswa juga bisa langsung praktik mengenai canva. Akhirnya guru-guru disini sepakat untuk menggunakan canva saja untuk pembuatan produk yang disuruh oleh Pak Sis, dengan meminta bantuan kepada mahasiswa KPL untuk mendampingi guru-guru dalam proses pembuatan produk tersebut.". Ujar Bu Siti Masruroh pada salah satu Mahasiswa KPL UM.

Selaras dengan persoalan di atas dan juga sebagai langkah untuk menindaklanjuti permintaan tolong dari Ibu Kepala Sekolah, akhirnya kami sebagai mahasiswa KPL UM mengiyakan hal tersebut. 

Dimana tepat pada saat selesainya kegiatan Workshop, salah satu guru mata pelajaran matematika yaitu Ibu Siti Ngatipah pada hari Kamis, 30 September 2021 menghubungi salah satu anggota KPL melalui whatsApp pribadi, untuk meminta tolong membantu mendampingi proses pengerjaan produknya. 

Adapun produk ini berupa pembuatan PPT melalui aplikasi canva tentang standar media pembelajaran yang berisikan 8 aspek, diantaranya yaitu 1) KI/KD, 2) indikator, 3) tujuan pembelajaran, 4) materi, 5) latihan, 6) evaluasi, 7) referensi, dan 8) penyusun.  

Proses pendampingan pengerjaan produk PPT melalui canva ini berlangsung selama 3 hari melalui luring atau tatap muka langsung. Dimulai pada hari Jum'at, 1 Oktober 2021 s/d Senin, 4 Oktober 2021 yang dilakukan terlebih dahulu kepada Bu Siti Ngatipah guru mata pelajaran matematika. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan