Mohon tunggu...
Sifaul karimah
Sifaul karimah Mohon Tunggu... selamanya tetap santri

Ciptakanlah Karya Dan Perbanyaklah Wawasan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Teori Belajar Kognitif

26 Oktober 2020   21:55 Diperbarui: 26 Oktober 2020   22:01 9 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teori Belajar Kognitif
pinterest.com/BeckiAdamsScrapbooking

   Pembelajaran kognitif merupakan pembelajaran yang di ambil dari keseharian, Aliya sering sekali merasakan kesalahan apa yang telah di lihat itu adalah dari bentuk menipulasi pengetahuan, menipulasi pengetahuan adalah apa yang kita lihat tidak sama dengan sesungguh nya seperti halnya saat kita melihat sesuati dengan sekilas lalu kita salah karna hampir sama dengan apa yang kita lihat contoh: saat ada badak di belakang pohon dan kita melihat nya dengan sekilas dan kita mengira bahwa itu adalah kebau, itulah menipulasi pengetahuan. 

Sebelum kita mengenal lebih lanjut tentang kognitif maka pahami terlebih dahulu pengertiaan nya, kongnitif adalah keyakinan seseorang tentang semua yang di peroleh dari proses pemikiran baik tentang seseorang atau sesuatu. Proses yang di lakukan memperoleh pengetahuan dan menipulasi pengetahuan melalui pengingatan, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa. kognitif banyak kita dapatkan pada kegiatan kita sehari hari dan dalam kognitif juga kita akan merasakan banyak perubahan dalam proses belajar.

 Saat Aliya masih berumur 1 tahun orang tua nya merasa bahwa Aliya belum bisa memahami apa apa yang di katakan orang tua nya bahkan sering sekali orang tua nya mengajak berbicara walau Auliya belum bisa menjawab dan tanpa di sadari saat Aliya berusia 2 tahun dan sudah muali bisa berjalan dan berbicara Auliya mengatakan kata kata yang dulu pernah di ucapkan oleh orang tua nya dan orang tua nya terkejud, seperti ini lah hal hal yang terkadang tanpa kita sadari dan perhatikan saat anak sudah bisa mendengar dan melihat semua yang di dengar dan di lihatnya akan tersimpan pada memori otak nya, dan di saat Aliya berusia 3 tahun kecerdasan dam pemahaman terus meningkat dan begitu  seterus nya setiap usia akan berbeda tingkat pemahaman nya. Maka dari itu tidak memua pendidikan anak di dapatkan dari sekolah melainkan juga dari lingkungan rumah, orang tua atau yang mengasuh nya, dan juga orang orang yang di sekitarnya, bisa juga dari apa yang dilihat olehnya. 

Seperti hal nya bahasa anak anak sering sekali di tuntut untuk bicara dengan bahasa yang sopan kepada orang lain tetapi tanpa di sadari orang tua nya bicara ke pada anak nya dendan nada atau bahasa yang kurang sopan, bagai mana anak mau bicara dengan sopan kepada yang lain kalau yang mencontohi seperti itu dan akan di tiru oleh nya, maka contohin yang baik baik agar menghasilkan yang baik juga. tidak hanya itu banyak lagi yang sering kita sepelekan dan itu membuat dampak yang sangat penting terhadap anak anak. Internalisasi ucapan ucapan baik kepada anak merupakan program yang mulai dari memperdengarkan ucapan ucapan yang baik kepada anak, memperdengarkan ucapan ucapan yang baik kepada anak dan melatih anak mengucapkan ucapan yang baik pada orang lain.

Pembelajaran Kognitif juga mengajarkan kefokusan dari perubahan perubahan yang ada banyak perubahan di sekitar kita dan terkadang kita tidak menyadarinya akan tetapi mau tidak mau kita harus mengikuti perubahan itu dan di nyatakan pembelajaran adalah perubahan mental yang untuk menunjukan perubahan perilaku.         

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x