Mohon tunggu...
binta nuraina
binta nuraina Mohon Tunggu... Makeup Artist - mahasiswi uin
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

jawatimur,kabupaten malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Waktu yang Tepat untuk Mengenalkan Bahasa Kedua

23 Maret 2021   08:47 Diperbarui: 23 Maret 2021   08:58 79 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Waktu yang Tepat untuk Mengenalkan Bahasa Kedua
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa adalah alat untuk menyampaikan isi hati yang terdalam. Namun selain bahasa, juga terdapat alat interaktif atau sarana komunikasi. Bahasa digunakan sebagai alat untuk menyampaikan pikiran, gagasan, konsep dan perasaan, sangat penting untuk menguasai berbagai bahasa saat ini. Bahasa adalah alat komunikasi, jadi semakin banyak bahasa yang Anda kuasai, semakin banyak anak yang belajar dan berkembang.

 Bahasa ibu adalah bahasa pertama yang dikuasai manusia dengan berinteraksi dengan anggota komunitas bahasa (seperti keluarga dan komunitas) sejak lahir.

Semakin awal Anda mengajari anak Anda bahasa kedua, semakin baik. Memperkenalkan bahasa baru kepada anak lebih dini berarti bahwa anak tersebut memiliki lebih banyak waktu untuk belajar bahasa daripada anak yang baru belajar bahasa pada usia 18 tahun. Lagipula, masa kanak-kanak adalah masa dimana anak-anak memiliki banyak waktu untuk belajar dan anak-anak lebih reseptif untuk belajar saat ini, jadi kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan bahasa kedua ... Silahkan simak penjelasan berikut ini sobat ...

Kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan bahasa kedua?

Masa ketika anak-anak belum bersekolah, terutama masa di bawah usia 3 tahun, merupakan masa berkembang pesatnya pemikiran dasar, bahasa, tingkah laku, sikap, bakat dan ciri-ciri lainnya. Mereka biasanya mulai belajar pada usia 3 tahun. agar bisa mengerti dengan bahasa ibunya Pada usia tersebut anak-anak masih dalam persiapan untuk belajar bahasa baru, sehingga tidak sulit bagi anak untuk membedakan mana bahasa yang menjadi bahasa ibunya dan bahasa kedua. 

Semakin cepat anak Anda diperkenalkan dengan bahasa baru, semakin mudah bagi anak Anda untuk memahaminya, dan semakin cepat Anda mengajarkan bahasa tersebut kepada anak Anda, semakin cepat anak Anda akan mampu menguasai bunyi-bunyi baru ini dan cara menggunakannya. mereka. mereka. Kadang-kadang bahasa baru diucapkan, dan anak-anak masih berpikiran terbuka dan dapat dengan cepat menerima suara dan bahasa baru tanpa masalah.Oleh karena itu, usia tiga tahun adalah awal yang baik bagi anak-anak untuk belajar bahasa. 

Selain itu, keuntungan belajar bahasa kedua adalah bahwa pembelajaran bahasa tambahan dapat meningkatkan kemampuan berpikir, kreativitas, dan fleksibilitas anak, sedangkan pembelajaran bahasa berulang dapat meningkatkan daya otak dan daya ingat anak. 

Manfaat bahasa kedua

a) Mendorong anak yang sudah memasuki tahap tumbuh kembang. Selama masa pertumbuhan, komunikasi sangat penting. Karena komunikasi antara orang tua dan anak dapat menimbulkan rangsangan, hal tersebut dapat membantu anak mendapatkan bahasa ibunya dari orang tuanya. 

b) Sebagai jendela bagi anak-anak untuk memahami dunia luar. Ada bahasa universal dengan asal bahasa dan sejarah yang berbeda. Tak bisa dipungkiri, anak-anak harus mampu memahami bahasa daerah bahkan negara lain. Seperti bahasa Inggris, pada akhirnya akan dimasukkan dalam materi pembelajaran siswa sekolah dasar.

c) Membuat anak lebih mudah menerima lingkungan. Penggunaan bahasa yang dipahami anak dapat membuat anak lebih reseptif dan dapat diterima di lingkungannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan