Mohon tunggu...
Hermansyah
Hermansyah Mohon Tunggu... Praktisi

Dengan Menulis, kita dapat mengekspresikan dalamnya Rasa_

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Catatan Pengabdian Dokter Sidiq dan Dokter Gigi Aky Nusantara Sehat Halmahera Timur di Ujung Purna Tugas

10 Oktober 2020   21:40 Diperbarui: 10 Oktober 2020   21:44 411 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Catatan Pengabdian Dokter Sidiq dan Dokter Gigi Aky Nusantara Sehat Halmahera Timur di Ujung Purna Tugas
Foto : Tampak tenaga Nusantara Sehat dokter Sidiq, dokter gigi Aky, Herman, sekertaris DPW Hidayatullah Maluk ustadz Nurhadi setelah menyunat anak suku Togutil (dokpri).


Pengabdi sejati lahir dari hati mereka yang ikhlas melayani, memberi tanpa berharap kembali, mungkin itulah yang nampak dari dua dokter Nusantara Sehat ini, panggilan hati untuk mengabdi dan menyehatkan masyarakat pelosok negeri telah membawa keduanya berpijak di bumi Moloku Kie Raha, tepatnya di kabupaten Halmahera Timur sejak tahun 2018 dalam penugasan khusus nusantara sehat kementerian kesehatan.

Adalah dokter Muhammad Sidiq yang biasa di sapa Sidiq dan dokter gigi Sasky MS Rahman yang di panggil Aky, dokter-dokter muda yang melintas batas pulau, melewati sekat budaya dan kultur, menabrak suku dan bahasa, yang dimana keduanya adalah berasal dari Provinsi Aceh kemudian di tugaskan oleh kementerian kesehatan di daerah sangat terpencil kabupaten Halmahera Timur dalam perwujudan Indonesia sehat.

Di saat banyak dokter-dokter lain enggan untuk mengabdi di daerah pelosok dengan segala keterbatasannya, mulai dari keadaan geografis, iklim, sinyal, listrik dan kesulitan bahan pokok (sembako), tapi dokter Sidiq dan dokter gigi Aky adalah pengecualian, keduanya melihat segala keterbatasan adalah tantangan.

Foto : Foto bersama masyarakat suku Togutil (dokpri).
Foto : Foto bersama masyarakat suku Togutil (dokpri).
Dokter Sidiq merupakan alumni universitas Syiah Kuala provinsi Aceh, pria yang hobi bermain bulutangkis ini bertugas di puskesmas Nusa Jaya sejak 2018, selama bertugas di puskesmas Nusa Jaya, Sidiq terlibat dalam membantu berbagai program puskesmas, pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan yang di mulai dari edukasi sampai pada implementasi hidup sehat.

Begitupun degan dokter Aky, yang juga berasal dari provinsi Aceh, pria yang di kenal ceria dan energik ini juga merupakan alumni dan almamater yang sama dengan dokter Sidiq, yaitu Universitas Syiah Kuala provinsi Aceh, bertugas di puskesmas perawatan Dodaga kecamatan Wasile Timur kabupaten Halmahera Timur membuatnya mengenal lebih jauh tentang makna pengabdian.

Keduanya adalah sekian dari anak-anak muda yang memiliki tekad dan dedikasi yang tinggi untuk negeri, bertugas di puskesmas kabupaten Halmahera Timur dengan segala kompleksitas permasalahan kesehatan menjadi tantangan pengalaman tersendiri bagi Sidiq dan Aky.

Bulan ini (Oktober 2020) adalah bulan terakhir, keduanya akan berakhir masa tugasnya sebagai tenaga Nusantara Sehat, tentu ada banyak pengalaman, kesan dan pelajaran hidup yang di dapat selama keduanya mengabdi di kabupaten Halmahera Timur.

Foto : Dokter Sidiq sedang melakukan proses khitan di wilayah transmigrasi SP 4 (dokpri).
Foto : Dokter Sidiq sedang melakukan proses khitan di wilayah transmigrasi SP 4 (dokpri).
Di sisa-sisa waktu pengabdianya di kabupaten Halmahera timur, beberapa hari yang lalu dokter Sidik dan dokter gigi Aky terlibat dalam kegiatan bakti sosial khitan berkah nusantara dan pemeriksaan gigi gratis untuk suku Togutil dan masyarakat transmigrasi di kecamatan Maba Utara, kegiatan yang di laksanakan selama 2 hari (6-7/10/2020) untuk melayani sekaligus menjangkau masyarakat pesisir yang jauh dari akses kesehatan, suku Togutil menjadi sasaran utama dari kegiatan khitan berkah nusantara dan pemeriksaan gigi gratis.

Sekilas suku Togutil ini adalah suku anak dalam yang tinggal di dalam hutan Halmahera, suku primitif yang eksklusif, mereka hampir sebagian besar tidak tau membaca, hidup berpindah-pindah yang menggantungkan hidupnya dari pemberian alam, jauh dari modernisme dan hiruk pikuk keramaian.

Kegiatan khitan berkah nusantara dan pemeriksaan gigi gratis bekerja sama dengan Baitul Mall Hidayatullah provinsi Maluku Utara, tenaga Nusantara Sehat dan staf puskesmas Patlean, sambutan dan antusias masyarakat cukup tinggi, bahkan masyarakat yang bukan suku Togutil-pun menjadi sasaran khitan berkah dan pemeriksaan gigi gratis ini.

Bukan tanpa alasan, karena bakti sosial khitanan masal dan pemeriksaan gigi gratis sebelumnya tidak pernah ada di Maba Utara, selain itu di puskesmas Patlean dan Puskesmas Dorosagu tidak pernah ada dokter gigi, maka kehadiran tenaga Nusantara Sehat dokter Sidiq dan dokter gigi Aky menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat wilayah kerja Puskesmas Patlean dan suku Togutil yang mualaf khususnya.

Dengan waktu yang terbatas, dokter Sidiq mampu mengkhitan 16 orang yang di antaranya 8 orang dari suku Togutil dan 8 orang dari masyarakat daerah transmigrasi SP 1 dan SP 4, bahkan sampai di lanjutkan pada malam hari, begitupun dengan pasien pemeriksaan dan pencabutan gigi, dokter gigi Aky melayani 41 pasien, mungkin saja sedikit lelah, tapi bagi dokter Sidiq dan dokter gigi Aky melihat antusias masyarakat menjadi kepuasan tersendiri, karena mampu melayani sesama.

Foto : Dokter Aky sedang melakukan proses pemeriksaan dan pencabutan gigi pasien dari desa Patlean Jaya (dokpri).
Foto : Dokter Aky sedang melakukan proses pemeriksaan dan pencabutan gigi pasien dari desa Patlean Jaya (dokpri).
Kegiatan bakti sosial khitan berkah nusantara adalah bagian dari program Hidayatullah, dimana memfasilitasi suku Togutil yang baru menjadi mualaf (masuk Islam) untuk di khitan, meskipun dengan segala kesibukannya, dokter Sidiq dan dokter gigi Aky merasa terpanggil untuk menjadi bagian dari kegiatan kemanusiaan tersebut.

Sekertaris Hidayatullah Provinsi Maluku Utara Ustadz Nurhadi yang juga hadir dan terlibat langsung di bakti sosial sangat senang dan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada dokter Sidiq, dokter gigi Aky, tenaga Nusantara Sehat puskesmas Patlean yang mau secara ikhlas terlibat dan membantu melayani kesehatan suku Togutil dan masyarakat transmigrasi kecamatan Maba Utara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x