Mohon tunggu...
Hermansyah
Hermansyah Mohon Tunggu... Praktisi

Dengan Menulis, kita dapat mengekspresikan dalamnya Rasa_

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Sisi Lain Dunia K-Pop: Belajar dari BTS yang Memiliki Pengaruh Global

23 Februari 2020   14:03 Diperbarui: 23 Februari 2020   17:43 150 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sisi Lain Dunia K-Pop: Belajar dari BTS yang Memiliki Pengaruh Global
Foto: BTS bekerja sama dengan UNICEF mempromosikan kampanye 'Love My Self' (Twitter @bts_love_Myself)

Mendengar istilah K-POP pasti banyak yang menjurus pikirannya tentang Korea Selatan, anak muda korea yang mukanya mirip, operasi plastik, muka kaca, anak Alay, lebay, banci dan segala hal lainnya, dan ini mungkin sah-sah saja, sebagian dari kita memiliki perspektif yang berbeda tentang K-KOP. 

K-POP adalah jenis atau genre musik yang khas, yang di cetuskan dan lahir dari negeri ginseng atau Korea Selatan, sekumpulan anak muda bernyanyi sambil nge-Dance dengan iringan musik dan tarian yang energik sehingga menambah kesan dan warna lain dari musik K-POP itu sendiri.

Dengan ciri khasnya, maka tidak heran pencinta K-POP bukan saja dari Korea Selatan sendiri, tapi merambah ke berbagai negara belahan dunia manapun, menyentuh pada semua elemen, dari anak-anak hingga usia lanjut, dan Indonesia sendiri menempati urutan ke-4 (empat) pencinta musik K-POP terbesar di dunia setelah Brazil.

Sadar atau tidak, dunia K-POP bukan sekadar musiknya, lagu atau dancer, tapi di dalam K-POP terdapat seni, Style, dan budaya. Korea Selatan menampilkan wajahnya dalam K-POP, memperlihatkan kepada dunia bahwa Korea Selatan adalah negeri yang kaya akan seni dan budaya, negeri dengan sejuta pesonanya.

Dan para K-poppers (istilah untuk pencinta K-POP) mungkin banyak yang tidak memahami demikian, terutama anak-anak muda milenial, yang mungkin hanya melihat sekedar tampilan atau style para idolnya, melihat dancer-nya yang energik, namun di balik itu, tak sadar telah belajar budaya Korea Selatan.

Ini adalah bagian dari strategi suatu negara untuk menampilkan wajahnya terhadap dunia, dan kiranya negara-negara lain perlu menirunya, termasuk Indonesia sendiri dengan tampilan lain yang di miliki oleh masyarakat lokal.

Masih terngiang di kepala kita beberapa Minggu lalu, bagaimana film Parasite memborong piala Oscar di Amerika serikat (09/02/2020), tidak main-main, 4 (empat) piala langsung di menangkan diberbagai kategori nominasinya, salah satu yang prestisius adalah memenangkan film terbaik di ajang perfilman bergengsi di dunia tersebut. 

Menariknya adalah, film Parasite menjadi film Korea Selatan pertama, film Asia pertama, dan film di luar Hollywood pertama sepanjang sejarah pergelaran Academi Awards (Piala Oscar) yang memenangkannya, luar biasa. Artinya beberapa dekade terakhir, Korea Selatan menampilkan wajah lain di dunia, yaitu K-POP dan perfilmannya.

Boyband BTS dan Pengaruh Globalnya

BTS dalam tampilan sampul internasional majalah TIME (foto: dok. TIME via POBELA.com)
BTS dalam tampilan sampul internasional majalah TIME (foto: dok. TIME via POBELA.com)
Dalam tulisan kali ini, Saya sengaja membahas BTS (Bangtan Boys), sebuah boyband yang memiliki pengaruh dasad di dunia saat ini, mungkin bisa dibilang saya ARMY (sebutan untuk Fans BTS) dadakan. Ssetahun terakhir saya mengikuti perkembangan boyband satu ini.

Rasa penasaran dan kekaguman ini berawal ketika tidak sengaja menonton berita BTS menyampaikan pidato di sidang umum PBB pada September 2018 lalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN