Mohon tunggu...
Hermansyah
Hermansyah Mohon Tunggu... Praktisi

Dengan Menulis, kita dapat mengekspresikan dalamnya Rasa_

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Nusantara Sehat, Sebuah Bukti Bakti Anak Negeri

18 November 2019   11:02 Diperbarui: 18 November 2019   11:02 277 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nusantara Sehat, Sebuah Bukti Bakti Anak Negeri
Foto : Penjaringan sekolah oleh tenaga Nusantara sehat puskesmas Wali kab. Wakatobi Sulawesi Tenggara (dokpri).

"Dedikasi anak negeri, yang telah banyak tersairkan, namun tidak habis di kisahkan".

Dari hempasan birunya laut samudra, berjejer pulau-pulau kecil, terbentang hijau dan rimbunnya hutan rimba, dengan jutaan warna kekayaan alamnya, ribuan budaya dan adat istiadat, keragaman bahasa dan warna kulit menghiasi langit khatulistiwa, dari Sabang sampai Merauke memancarkan keindahan yang tak sayup di pandang mata.

Inilah Indonesia, negeri dengan sejuta pesona keindahan, yang siapapun tak ingin menjauh darinya, yang pergi jauh sekalipun akan rindu dan ingin cepat pulang, keharuman namanya semerbak menembus relung hati.

Namun di balik segala pesonanya,  Negeri ini tersimpan banyak cerita yang tak seindah warna sayap burung cendrawasih, masih banyak masyarakat yang hidup jauh dari kata layak, yang tak tersentuh perubahan dan modernisasi, terutama kelayakan dan pola hidup sehat yang di alami masyarakat pelosok negeri, yang sampai detik ini masih banyak yang belum tersentuh pelayanan kesehatan sesuai standar.

Foto : Kegiatan Posyandu tenaga Nusantara sehat puskesmas Urbinasopen distrik Waigeo timur Kab. Raja Ampat Papua Barat (dokpri).
Foto : Kegiatan Posyandu tenaga Nusantara sehat puskesmas Urbinasopen distrik Waigeo timur Kab. Raja Ampat Papua Barat (dokpri).

Adalah tenaga Nusantara sehat hadir membawa harapan, menjawab permasalahan kesehatan tersebut, melalui perpanjangan tangan kementerian kesehatan Republik Indonesia, anak-anak muda terhimpun dan mengambil peran, bahwa negeri ini butuh uluran tangan-tangan ikhlas dari para pengabdi.

Mengabdi sebagai Nusantara sehat bukan sekedar berhadapan dengan persoalan kesehatan, tentang pelayanan dan edukasi hidup sehat kepada masyarakat, tapi melebihi dari aspek tersebut, menyentuh nilai holistik atau semua aspek kehidupan masyarakat, anak-anak muda Nusantara sehat memiliki banyak peran, selain menjalani tugas pokoknya sebagai pelayanan kesehatan, juga merangkap menjadi guru, pembina Pramuka, pembina olahraga dan menjadi apa saja sesuai kondisi masyarakat di pelosok.

Foto : Edukasi hidup sehat oleh tenaga Nusantara sehat puskesmas Naukenjerai Kab. Merauke prov. Papua (dokpri).
Foto : Edukasi hidup sehat oleh tenaga Nusantara sehat puskesmas Naukenjerai Kab. Merauke prov. Papua (dokpri).
Sejak tahun 2015 program Nusantara sehat di luncurkan oleh kementerian kesehatan, trennya semakin meningkat, dan yang terbaru berdasarkan hasil penelitian Litbangkes Kemenkes melalui akun Twitter Resminya (Twitter Kemenkes RI, 11/10/2019);

"Adanya Nusantara sehat telah membawa dampak positif  bagi kesehatan masyarakat, 80% Capukan program meningkat, respon time puskesmas meningkat serta kunjungan pasien meningkat setelah kehadiran Nusantara sehat".

Artinya dengan kehadiran tenaga Nusantara sehat yang bertebaran di pelosok-pelosok negeri mampu membawa perubahan yang signifikan terhadap pola hidup masyarakat yang berkaitan kebiasaan hidup sehat,  keberadaan anak-anak muda Nusantara sehat secara perlahan menjawab permasalahan kesehatan di pelosok negeri, terutama pemenuhan pelayanan standar dan perubahan perilaku masyarakat.

Foto : Pendampingan pembuatan jamban sehat tenaga Nusantara sehat puskesmas Bea Mese kab. Manggarai NTT (dokpri).
Foto : Pendampingan pembuatan jamban sehat tenaga Nusantara sehat puskesmas Bea Mese kab. Manggarai NTT (dokpri).
Namun selain dampak positifnya, kehadiran anak-anak muda Nusantara sehat di pelosok negeri harus di bayar mahal, yang terbaru masih belum kering air mata, masih belum hilang kabut duka, rasa kehilangan, salah satu tenaga Nusantara sehat individu Yohana carisa ignasia penempata Puskesmas Sidney provinsi Papua barat menghembuskan nafas terakhirnya  di Rumah sakit umum daerah Manokwari dalam status pengabdian.

Sudah berapa banyak anak-anak Nusantara sehat yang telah pulang lebih dulu, menghembuskan nafas terakhirnya di lokasi penempatan, anak-anak negeri dengan sejuta tekad, keberanian dan jiwa ikhlas, berbuat dan melayani negeri, sampai nyawapun menjadi taruhannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x