Mohon tunggu...
Bintang Nur Kurnia Fajar
Bintang Nur Kurnia Fajar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Semangat Nugas

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Cara Mudah Meningkatkan Ergonomi Anda

16 Oktober 2021   11:42 Diperbarui: 16 Oktober 2021   19:17 236 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ergonomics (Sumber Ilustrasi) : Freepik

Banyak orang mungkin hanya mengetahui istilah 'ergonomi' dari keyboard berbentuk aneh atau kursi kantor yang mahal, tetapi ini adalah proses luas yang dirancang untuk membuat pekerjaan lebih aman dan lebih efisien. Dalam prosesnya, hal itu dapat menyelamatkan perusahaan secara substansial.

Sejarah

Istilah 'ergonomi' berasal dari Perang Dunia II, diciptakan oleh perancang pesawat untuk Angkatan Udara Kerajaan Inggris ketika mereka mencoba merancang kokpit yang paling cocok untuk pilot manusia, karena mereka telah menemukan bahwa pesawat paling canggih di dunia tidak akan berbuat lebih baik jika pilot tidak bisa menerbangkannya secara efisien. Ide-ide di balik ergonomi, bagaimanapun, merentang sepanjang perjalanan kembali ke Yunani kuno. 'Bapak Kedokteran', Hippocrates, memberikan deskripsi rinci tentang bagaimana tempat kerja seorang ahli bedah harus dirancang dan bagaimana peralatannya harus diatur. Semua ini adalah prinsip ergonomi.

Pentingnya Ergonomi

Ergonomi penting untuk alasan kesehatan. Ketika tubuh bekerja dengan cara yang tidak ramah ergonomis, itu menciptakan stres melalui postur tubuh yang canggung, suhu ekstrem, atau gerakan berulang. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, kelelahan, dan rasa sakit, dan seiring waktu dapat menyebabkan gangguan muskuloskeletal. Ergonomi berusaha untuk memerangi masalah ini dalam beberapa cara. Ketinggian permukaan dapat diubah sehingga lebih sedikit tekukan. Mengganti handset telepon dengan headset dapat mengurangi ketegangan leher dengan mencegah pengguna menjulurkan leher untuk memegang telepon. Stasiun kerja komputer yang diatur dengan benar dapat mencegah ketegangan otot menahan posisi yang tidak nyaman untuk waktu yang lama, seperti pergelangan tangan yang tertekuk yang digunakan untuk penggunaan keyboard dan mouse. Ada lebih banyak metode penerapan ergonomi daripada ruang untuk mendaftarnya, tetapi semuanya berusaha untuk mencegah ketegangan pada orang yang melakukan pekerjaan sehingga tubuh bekerja dengan efisiensi maksimum, menggunakan potensi penuhnya lebih lama.

Bagaimana Menjadi Ergonomis

Ada banyak cara untuk membuat lingkungan kerja lebih ergonomis, tetapi berikut adalah beberapa cara mudah. Ingat, tujuan dari ergonomi adalah mengambil tindakan untuk mengurangi ketegangan pada tubuh, yang dapat disebabkan oleh gerakan berulang, posisi tubuh yang tidak nyaman, angkat berat, getaran, dan banyak lagi.

Cara termudah dan berbiaya terendah untuk meningkatkan ergonomi mungkin dengan melakukan perbaikan pada stasiun kerja komputer.

  • Sesuaikan kursi Anda sebelum memulai shift dan lagi setelah makan siang, karena tubuh Anda berubah sepanjang hari.
  • Duduk dengan monitor Anda 16-29 inci dari kepala Anda, dengan posisi mata Anda sehingga mereka melihat lurus ke depan di sepertiga atas.
  • Miringkan keyboard Anda sehingga lengan Anda tetap lurus dari lengan bawah melalui tangan selama proses mengetik, tidak ditekuk di pergelangan tangan.
  • Duduk tegak di kursi Anda dan pastikan Anda memiliki dukungan untuk punggung bawah. Jika kursi Anda tidak melengkung untuk menopang seluruh punggung Anda, gunakan bantal atau bantalan lainnya.
  • Atur meja Anda sehingga barang-barang yang paling sering Anda gunakan mudah dijangkau, tanpa harus meregangkan atau menekuknya. Apa pun yang tidak berada dalam jangkauan tangan harus berupa bagan atau bahan referensi lain yang tidak perlu dijangkau.
  • Jika Anda mengetik dari dokumen cetak, gunakan tempat dokumen yang berada tepat di samping atau di bawah monitor, sehingga Anda hanya perlu menggerakkan mata dan bukan kepala untuk melihatnya.
  • Hindari memegang telepon dengan leher Anda. Jika Anda sering menggunakan telepon, pertimbangkan untuk menggunakan headset untuk mengurangi tekanan pada otot leher Anda.

Manfaat Ergonomi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan