Mohon tunggu...
Bimo Firmansyah
Bimo Firmansyah Mohon Tunggu... Penulis - Hanyalah seorang mahasiswa yang gabut boyyyyyyy

Hanyalah seorang mahasiswa yang gabut boyyyyyyy

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Implementasi Aplikasi E-Goverment Surabaya Smart City

24 Juni 2019   22:25 Diperbarui: 24 Juni 2019   22:33 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Aplikasi Surabaya smart cities ini dibuat oleh SmartcitiesID yang dimana mereka merupakan organisasi nirlaba yang mencakup semua kota di Indonesia yang telah berubah menjadi Kota Cerdas. Aplikasi ini dapat anda download di playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=org.smart.nation.indonesia.android.surabaya&hl=en 

Dari awal dirilis sampai sekarang aplikasi Surabaya smart cities telah mengalami beberapa perubahan yang terjadi di dalam aplikasinya, namun masih saja terdapat beberapa kekurangan, sehingga pengguna pada saat menggunakan aplikasi mengalami beberapa kendala seperti foto dalam aplikasi yang tidak muncul.

Penulis sebagai pengguna merasa sangat terbantu dikarenakan penulis berasal dari luar kota Surabaya. Dimana penulis sendiri menggunakan aplikasi ini untuk mencari tempat-tempat yang ingin dikunjungi pada saat berada di Surabaya seperti, restaurant, bank, atm, tempat ibadah. Dikarenakan penulis merasa terbantu dengan hadirnya aplikasi ini, sehingga penulis ingin mengetahui respone masyarakat kota surabaya tentang aplikasi Surabayasmartcities.

Penulis melakukan pengumpulan data dengan dilakukanya wawancara kepada beberapa responden yang berjumlah 7 orang dimana 6 orang  bertempat tinggal di kota Surabaya dan sekitarnya, dan 1 orang tinggal di luar kota Surabaya. Dari data yang dikumpulkan penulis mendapatkan hasil yang cukup sama yaitu masalah pada bagian penampilan foto di dalam aplikasi dan pada bagian pelaporan masalah yang tidak menyertakan status pada masalah apakah sudah diproses atau sudah selesai. Adapun keinginan untuk menambahkan fitur-fitur seperti menambahkan trasnportasi pada menu tempat, memberikan  detail informasi kejadian pada menu berita.

Menurut penulis aplikasi ini memungkingkan untuk dilakukanya pengembangan seperti peningkatan user interface yang lebih interaktif, keakuratan berita, serta tersedianya interaksi yang lebih antara pengguna dengan pengembang aplikasi. dalam aplikasi terdapat menu keluhan diamana seharusnya dapat diarahkan langsung ke command center 112, lalu diteruskan kebagian penanggulangan masalahnya sehingga status pada keluhan langsung dapat ter-update secara real-time.

Dari observasi yang penulis lakukan menyatakan bahwa aplikasi ini sangat membantu baik bagi masyarakat kota Surabaya maupun pendatang atau wisatawan, namun perlu adanya peningkatan. 

Sekian dan Terimakasih.

Author:

1. Bimo Firmansyah (04216024)

2. Catur Adi Nugroho (04216048)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun