Humaniora

NKRI Harga Mati, Beli Bendera Tak Berani

14 Agustus 2017   06:10 Diperbarui: 14 Agustus 2017   06:37 67 2 0

NKRI HARGA MATI adalah slogan yang dipakai untuk menggugah semangat para generasi Indonesia. Tujuan dari selogan ini adalah untuk menanamkan semangat nasionalisme pada seluruh rakyat Indonesia, dikarenakan keutuhan dari bangsa ini sudah terancam, nilai-nilai pancasila sudah tidak dihiraukan dan diipedulikan lagi.

Indonesia telah merdeka sejak tujuh puluh dua tahun yang lalu. Dibalik kemerdekaan itu terdapat sebuah perjuangan yang selalu terkenang oleh bangsa Indonesia sampai kapanpun. Perjuangan sudah selesai dan sekarang adalah mempertahankannya, itulah tugas kita sekarang. Banyak sekali permaasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh negeri ini, mulai dari keutuhan, keamanan hingga melemahnya pancasila.

Inti dari penjelasan diatas adalah sulitnya menjaga kemerdekaan Indonesia.  Menjaga inilah yang sekarang ini mulai melemah, usaha demi usaha sudah dilakukan oleh berbagai kalangan  dan instansi untuk menanamkan semangat nasionalisme. Inilah yang selalu dikhawatirkan oleh para pejuang bangsa, dimana yang ditakutkan adalah bukan para penjajah melainkan dari bangsanya sendiri. Memang betul apa yang diakatakan pejuang, sekarang Indonesia sudah merasakanya.

BELI BENDERA TAK BERANI, kata-kata ini memang agak provokatif, tapi itulah keadaan yang sebenarnya. Nasionalisme memang benar-benar melemah, kita tinggal memperingatinya namun banyak sekali perhitungan-perhitungan yang dilakukan namun tidak perlu untuk dilakukan. Beli bendera tidak berani, namun membeli hal yang lain diutamakan, inilah contoh kecil tentang minimnya nasionalisme dari bangsa Indonesia.

Padahal jika ingin memaknai arti dari selogan diatas adalah kita tinggal memperingati semua yang dilakukan oleh para pejuang dan jangan sesekali memperhitungkan apa yang kita punya. Hanya ini yang diharapkan oleh para pejuang dulu tidak ada yang lain. Mari kita wujudkan cinta kita untuk Indonesia dengan cara kita masing-masing untuk menyongsong Indonesia yang lebih baik lagi, dengan apa? Dengan menghargai para pejuang Indonesia dengan jalan kita masing-masing. Wujudkan bahwa NKRI memang benar-benar milik kita dan jangan lupa beli benderanya ya.