Mohon tunggu...
Purwanto (Mas Pung)
Purwanto (Mas Pung) Mohon Tunggu... Guru - Pricipal SMA Cinta Kasih Tzu Chi (Sekolah Penggerak Angkatan II) | Nara Sumber Berbagi Praktik Baik | Writer

Kepala SMA Cinta Kasih Tzu Chi | Sekolah Penggerak Angkatan 2 | Narasumber Berbagi Praktik Baik | Kepala Sekolah Inspiratif Tahun 2022 Kategori Kepala SMA | GTK Berprestasi dan Inspirasi dari Kemenag 2023 I Penyuluh Agama Katolik Non PNS Teladan Nasional ke-2 tahun 2021 I Writer | Pengajar K3S KAJ | IG: masguspung | Chanel YT: Purwanto (Mas Pung) | Linkedln: purwanto, M.Pd | Twitter: @masguspung | email: bimabela@yahoo I agustinusp134@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pembentukan Karakter, Tujuan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

5 Januari 2023   16:12 Diperbarui: 5 Januari 2023   16:32 867
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gbr Dok Pri: Para siswa melakukan investigasi dengan cara mewawancarai

"Projek adalah serangkaian kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan terjtentu dengan cara menelaah suatu tema menantang. Projek didisain agar perserta didik dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Peserta didik bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk menghasilkan produk/atau aksi" (Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, hal. 5). Pembentukan karakter sebagai tujuan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Karakter apa yang akan dikembangkan oleh sekolah selama satu tahun? Ada dua hal yang perlu diperhatikan. 

Pertama, visi dan misi satuan pendidikan. Kedua, menentukan dimensi profil pelajar Pancasila yang akan menjadi fokus untuk dikembangkan. Setelah menentukan dimensi profil pelajar Pancasila, satuan pendidikan menentukan tema yang akan dikembangkan.

Fokus Projek pada Elemen dan Subelemen

Kemendikbudristek menyediakan 6 dimensi profil pelajar Pancasila. Silakan dimensi mana yang akan dijadikan fokus untuk satu tahun ajaran. Di dalam dimensi tersebut terdapat elamen dan subelemen. Elemen/subelemen tersebut yang harus dijadikan fokus.

Misalnya, dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Dimensi ini mempunya 5 elemen, yang didalamnya ada 10 subelemen. Pada tahap menentukan dimensi, yang harus kita perhatikan adalah subelemen apa saja yang akan dijadikan fokus. 

Dari 10 subelemen itu misanya kita akan fokus pada subelemen integritas, berempati pada orang lain, dan menjaga lingkungan alam sekitarya.

Kita juga bisa menambah dimensi lain (2-3 dimensi), misalnya dimensi kreatif. Pada dimensi kreatif hanya ada elemen. Tidak ada subelemen. 

Maka yang kita kembangkan adalah elemennya. Dimensi ini mempunyai tiga elemen saja, yaitu menghasilkan gagasan yang orisinal, menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal dan memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi.

Setelah menentukan dimensi-elemen dan subelemenya-kita menentukan tema yang akan dikembangkan. Ada 7 tema untuk SD-SMA sedangkan untuk SMK ada 8 tema.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun