Mohon tunggu...
Purwanto (Mas Pung)
Purwanto (Mas Pung) Mohon Tunggu... Guru - Pricipal SMA Cinta Kasih Tzu Chi (Sekolah Penggerak Angkatan II) | Nara Sumber Berbagi Praktik Baik | Writer

Kepala SMA Cinta Kasih Tzu Chi | Sekolah Penggerak Angkatan 2 | Narasumber Berbagi Praktik Baik | Kepala Sekolah Inspiratif Tahun 2022 Kategori Kepala SMA | Writer | Pengajar K3S KAJ | IG: masguspung | Chanel YT: Purwanto (Mas Pung) | Linkedln: purwanto, M.Pd | Twitter: @masguspung | email: bimabela@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Menulis Itu Mengembangkan Diri

29 Juni 2021   13:29 Diperbarui: 29 Juni 2021   13:52 362
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar: Sampul Buku (dokPri)

"Saya percaya bahwa setiap manusia di planet ini memiliki setidaknya satu cerita yang bagus untuk dikatakan kepada orang lain" ungkap Paulo Coelho, novelis Brasil yang sangat terkenal dengan karyanya yang berjudul Sang Alkemis.

Itulah kalimat yang membuat saya bermimpi ingin menjadi penulis buku. Terkadang muncul godaan keraguan atas kemampuan saya menulis. Di saat hati saya diserang keraguan, saya berhenti menulis. Yang saya lakukan adalah membaca. Dengan membaca itulah saya mendapatkan kembali kepercayaan diri. Saya tidak akan pernah mengetahui kelebihan dan kekurangan saya jika saya berhenti menulis. Keraguan dan keyakinan diri selalu bergelut di dalam diri saya. Saya tahu bahwa "menulis bukan lagi soal seberapa bagus saya bertutur melalui tulisan tetapi seberapa tulus saya mengisahkan cerita yang saya yakini bagus untuk saya sampaikan kepada orang lain"

Gambar: Sampul Buku (dokpri)
Gambar: Sampul Buku (dokpri)
Buku "Kamu itu Istimewa" merupakan buku saya yang ketiga. Dua buku sebelumnya, Tips Memilih Nama Baptis, dan Belajar Menjadi Orangtua Katolik diterbitkan oleh PT Kanisius Yogyakarta. Buku ketiga ini saya terbitkan sendiri (self-publishing). Ketiga buku ini hasil dari sebuah refleksi terhadap apa yang menjadi kegiatan keseharian saya. Dalam arti tertentu, isi buku ini adalah peristiwa yang baik untuk saya ceritakan kepada orang lain.

Gambar: Sampul Buku
Gambar: Sampul Buku
Buku ketiga ini sangat istimewa bagi saya. Pertama berisi tiga kompetensi dasar agar seseorang bisa hepi dalam hidupnya. Ketiga kompetensi dasar itu adalah keterampilan interpersonal, intrapersonal dan profesional. Kedua, isi buku ini hasil pengolahan pergulatan dalam diri saya sebagai pribadi dalam relasi dengan orang lain baik relasi sosial maupun profesioanl. Ketiga, di dalam buku ini saya menceritakan sebuah alur refleksi yang saya gunakan untuk pengolahan diri saya.

Setelah buku yang saya tulis ini selesai, lalu muncul pertanyaan, "Bagaimana agar buku ini bisa dinikmati banyak orang?" Disinilah saya tertantang untuk mencari "saluran" yang efektif sekaligus massif. Saya berpikir jika pengalaman bagus yang saya tuangkan dalam buku kemudian hanya saya simpan di lemari menjadi koleksi pribadi, tentu tidak akan memberi manfaat banyak bagi masyarakat. Padahal secara alamiah manusia akan makin berkembang ketika memberi kontribusi yang semakin besar kepada masyarakat.

Sembari saya mencari "saluran" tersebut, hati saya digelisahkan oleh sebuah keprihatinan yang mendorong saya pingin banget menulis. Saya meyakini menulis adalah baik untuk pengembangan diri, paling tidak pengembangan diri sang penulis itu sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun