Bima Mulijarto
Bima Mulijarto Karyawan

Karyawan. Bergabung dalam Klinik Fotografi Kompas, pernah pameran lukisan remaja, pemuda dan tingkat nasional. Pernah ikut lomba desain grafis, membuat skenario, kartun. Suka membuat cerpen dan puisi.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Berbagi Bersama dalam Keluarga

28 Mei 2018   14:21 Diperbarui: 28 Mei 2018   14:53 196 1 1

Menahan diri dari makan dan minum kemudian pada waktu saatnya tiba kita untuk berbuka. Diperkenankan untuk makan dan minum. Kelihatan sederhana menahan makan dan minum. Menahan untuk makan dan minum yang ini dilakukan selama 1 bulan pada waktu bulan Ramadhan. Hikmahnya sungguh mendalam sekali. Dari sini kita mendapatkan pelajaran dari beberapa segi yang saling berkaitan.

1.  Mengatur Keuangan.

Kita dapat menyiapkan makanan atau minuman untuk berbuka. Dapat dilakukan dengan cara membuat makanan atau minuman sendiri. Dapat melihat dari sini justru adanya unsur berhemat, karena kita menyiapkan makanan atau minuman saat berbuka dan saur.  Bila kita membuat sendiri makanan atau minuman dapat mengatur pengeluaran.

2. Membuat Makanan 

Kita dapat mengolah makanan yang dapat digunakan oleh anggota keluarga pada saat berbuka. Pada saat berbuka anggota keluarga berkumpul.  Siapkan menu makanan yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, misalnya kolag pisang. Kolag pisang dapat dibuat jumlah yang cukup memadai bagi anggota keluarga.  Selain itu dapaat pula membuat makanan seperti soap ayam. Makanan ini disajikan secara hangat dalam jumlah memadai pula.  Dari segi bumbu dapat disajikan dari bumbu yang instan yang banyak dijual.

3. Membuat Minuman

Kita dapat membuat minuman yang menyegarkan dari kolangkaling yang diberi dengan sirup. Minuman ini dapat dibuat dalam jumlah cukup sehingga anggota keluarga dapat menikmati saat berbuka.  Selain itu kiat dapat memadukan minuman dengan buah blewah atau yang lainnya yang diberi dengan gula pasir dicampur air. Disajikan dengan jumlah yang diperkirakan memadai untuk anggota keluarga.

4. Membeli Pakaian

Dari segi pakaian pandai pandainya kita mengatur kombinasi pakaian, jadi tidak perlu repot repot untuk bepergian. Kita dapat mengatur antara baju dan celana yang akan digunakan dengan setelah digunakan untuk bepergian. Memadukan baju dengan celana hari diusahakan berbeda dengan hari berikutnya. Sehingga kita bisa menyilangkan perpaduan baju dengan celana yang digunakan.  

Dari menahan diri untuk makan dan minum ternyata di dapat manfaat yang baik bagi kehidupan anggota keluarga. Anggota keluarga dapat turut bersama sama menikmati tanpa ada rasa yang diabaikan keinginan makanan atau minuman yang diinginkannya. Adanya kebersamaan untuk berkumpul yang diutamakan.


Bima Mulijarto

(Mei 2018)