Mohon tunggu...
Bima Ajiprakasa
Bima Ajiprakasa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saling sharing dan belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penyusunan Modul "Ayo Kita Sholat" sebagai Bentuk Pengabdian kepada Madrasah Diniyah di Desa Gedangan

29 Juli 2021   09:27 Diperbarui: 29 Juli 2021   10:12 80 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penyusunan Modul "Ayo Kita Sholat" sebagai Bentuk Pengabdian kepada Madrasah Diniyah di Desa Gedangan
Dok. pribadi

Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun memberi dampak multidimensi dan menyebabkan banyak aspek kehidupan masyarakat berjalan tanpa kepastian . Salah satu aspek yang sangat terdampak adalah pendidikan, baik pendidikan formal seperti sekolah jenjang SD sampai univerrsitas, maupun pendidikan non-formal seperti TPQ dan Madrasah Diniyah. Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas merupakan salah satu madrasah yang kegiatan pembelajarannya terdampak pandemi. Madrasah Diniyah yang berlokasi di Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang ini terpaksa melaksanakan kegiatan secara online dikarenakan aturan pemerintah yang masih melarang kegiatan pendidikan untuk dilangsungkan secara tatap muka. Tentu saja, banyak tantangan yang dihadapi baik oleh tenaga pengajar maupun siswa. Salah satunya adalah kurangnya media pembelajaran yang bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran daring.

Normalnya, sumber utama pembelajaran di madin ini adalah kitab-kitab klasik yang diajarkan langsung di kelas oleh para asatidz. Namun, pembelajaran secara daring, dengan segala keterbatasannya, tentu saja memerlukan sumber belajar tambahan yang memudahkan siswa untuk lebih memahami apa yang diajarkan. Oleh karena faktor tersebut, tim KKN Universitas Negeri Malang Desa Gedangan berinisiatif untuk menyusun modul sebagai sumber belajar penunjang di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas. Selain dicetak, modul ini nantinya akan dibagikan kepada siswa dalam bentuk file PDF agar bisa diakses dengan mudah melalui perangkat masing-masing.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Modul yang disusun oleh tim KKN UM ini diberi judul "Ayo Kita Sholat, karena memang fokus pembahasannya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sholat, khususnya sholat fardhu. Materi yang terdapat dalam modul ini antara lain syarat wajib dan syarat sah sholat, rukun sholat, sunnah-sunnah sholat, dan hal-hal yang membatalkan sholat. Tak hanya itu, dalam modul ini juga disediakan materi mengenai bab wudhu secara lengkap, mulai dari syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum berwudhu, rukun-rukun yang harus dilakukan saat berwudhu, sunnah-sunnah yang dapat dilakukan selama berwudhu, hal-hal yang dapat membatalkan wudhu dan beberapa kegiatan ibadah yang diharuskan berwudhu sebelum melakukan ibadah tersebut. Dalam modul ini, tim KKN UM juga memberikan materi mengenai bagaimana mempraktekkan berwudhu dan sholat yang baik dan benar yang disertai dengan gambar-gambar. Gambar-gambar disini sengaja diberikan untuk menambah ketertarikan santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas untuk membaca modul. Penanggung jawab dari program penyusunan modul ini, Zavira Putri Paramita, mengatakan bahwa modul yang disusun ini diharapkan bisa membantu mempermudah santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas  dalam memahami materi fiqih yang terkhusus pada  bab sholat dan diharapkan juga  dengan bertambahnya pengetahuan santri dalam materi  fiqih bab sholat ini, santri dapat lebih giat dan bersemangat dalam mengerjakan sholat 5 waktu.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan