Mohon tunggu...
Bilqis Ramadhanty
Bilqis Ramadhanty Mohon Tunggu... a literature student

Halo!!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Melatih Kemahiran Berbahasa Anak Dengan Menyanyi

19 April 2021   12:05 Diperbarui: 19 April 2021   16:11 29 1 0 Mohon Tunggu...

Menyanyi adalah aktivitas menyenangkan bagi kita semua. Menyanyi bukan hanya disukai orang dewasa, namun anak-anak pun sangat menyukainya. Menyanyi dapat merangsang kinerja otak. Selain itu ada beberapa manfaat lainnya yakni menjaga kesehatan anak, melepaskan stres, meningkatkan daya kreativitas dan meningkatkan kemampuan bahasa pada anak.

Jadi, untuk Bunda-bunda yang mempunyai anak kecil dan ingin mereka cepat lancar bicara, menyanyi bisa menjadi salah satu terapi dan juga bentuk permainan bagi anak Anda.

Dilansir dari situs kesehatan ibu dan anak Babyologist, sebuah penelitian di Jerman pada 2010 yang dilakukan oleh Lucy Wyndham, menyatakan bahwa terapi musik dapat membantu mendukung kemampuan anak dalam berbicara.
"Irama musik mampu membantu anak dalam mencocokkan kata-kata dengan ketukan, sehingga anak lebih mudah dalam mempelajari kata demi kata," jelasnya.

Namun, perlu diketahui Bund. Tidak semua musik atau lagu bisa menjadi terapi pada anak. Hanya musik yang digunakan harus yang bernada sederhana dan memiliki lirik yang pendek, sehingga mudah diingat dan dinyanyikan ulang.

Perlu diperhatikan ya, sebaiknya Bunda-bunda mendampingi si Kecil untuk bernyanyi dan bunda bisa ikut untuk bernyanyi mengajari si kecil.
Menurut Sally Goddard Blythe, seorang konsultan Pendidikan dari Institute for Neuro-Physiological Psychology, menyanyikan lagu pengantar tidur adalah cara efektif untuk memicu anak berbicara. Blythe percaya bahwa bernyanyi secara langsung lebih memberikan efek daripada memperdengarkan musik dari pemutar musik.

"Anak akan lebih responsif ketika musik atau lagu yang keluar berasal dari orang tuanya. Jadi, bernyanyi bersama dengan orang tua tetaplah cara yang terbaik untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak," tegasnya.

Kesimpulannya, jika  Anda ingin si Kecil cepat berbicara atau kosakatanya bertambah. Ajaklah menyanyi sesering mungkin dan ajari si Kecil bermain alat musik ya Bund. Lebih baik memberikan mainan fisik daripada bermain berlama-lama bermain gadget. Karena peran aktif orang tua sangat penting bagi si Kecil.

VIDEO PILIHAN