Mohon tunggu...
Bilqis amiroh
Bilqis amiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa

Jalani, nikmati, syukuri

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Filsafat Ilmu sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Pendidikan

15 Desember 2019   14:04 Diperbarui: 15 Desember 2019   14:17 9 0 0 Mohon Tunggu...

Filsafat secara harfiah berartikan cinta pada kebijaksanaan. Ini bukti bahwasannya manusia tidak pernah sempurna dalam mengartikan sesuatu yang termasuk dalam kebijaksanaan didalamnya. Akan tetapi manusia harus tetap dan selalu mengejarnya.

Selanjutnya adalah ilmu. Ilmu ialah sesuatu pengetahuan yang tersusun atau disusun secara sistematis yang dilakukan dengan metode tertentu dan pemerolehannya di lakukan melalui penelitian terlebih dahulu.  

Ilmu dengan filsafat pernah dianggap sama atau satu, akan tetapi dengan berjalannya waktu hal itu berubah karena ilmu lebih terbatas dalam perolehan pengetahuan. 

Filsafat ilmu ialah bagian dari pengetahuan yang mempunyai karakteristik khusus. Dan yang dikaji didalamnya ialah hakikat ilmu yang kita ketahui didalamnya banyak keterbatasan. 

Filsafat ilmu sebagai landasan pengembangan ilmu pendidikan ini pada dasarnya adalah hasil telaah dari pada ilmu ontologi, aksiologi, dan epistemologi. Hal tersebut sangat erat kaitannya karena filsafat ilmu sebagai media terhadap keberlangsungan ilmu pendidikan.

VIDEO PILIHAN