Mohon tunggu...
Bilqis amiroh
Bilqis amiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa

Jalani, nikmati, syukuri

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Menganalisis Filsafat Ilmu

15 Desember 2019   09:34 Diperbarui: 15 Desember 2019   09:42 7 0 0 Mohon Tunggu...

A. Pengertian filsafat ilmu ialah sebagai penjelas dari beberapa pertanyaan tentang hakikat ilmu. Objek dari filsafat ini juga dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu objek filsafat material dan formal. Dimana definisi dari keduanya adalah:

1. Objek filsafat material

Objek ini mengupas tentang bahan atau materi dari suatu pembicaraan.

2. Objek formal

Objek ini menggunakan pendekatan dengan suatu kegiatan yang dilakukan. Jika pendekatan itu berhasil atau pendekatan yang dihasilkan efisien dan logis itu dapat menghasilkan sistem yang filsafat ilmu. 

B. Problema filsafat ilmu

Problem filsafat ilmu sama halnya dengan diskusi yang berkaitan dengan landasan pengembangan ilmu pengetahuan yang mencakup landasan ontologis, landasan epistemologis, dan landasan aksiologis.

C. Fungsi dan arah filsafat ilmu

Fungsi filsafat ilmu diantaranya untuk membantu untuk mengalami pertanyaan-pertanyaan tentang ilmu, sebagai kritik ideologi melalui analisis yang kritis dan terbuka, sebagai dasar metode wawasan yang lebih mendalam dan kritis dalam pembelajaran study khusus, sebagai wadah yang paling luas untuk dapat berpartisipasi secara kritis dalam kehidupan, dan yang terakhir ialah filsafat ilmu dapat memberi wawasan yang luas dalam kemampuan analitis dan kritis dalam kemampuan berfikir manusia.

D. Arah filsafat ilmu 

1. Pembekalan atas pemahaman terhadap wawasan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x