Mohon tunggu...
Bilqis MustikaDewi
Bilqis MustikaDewi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Tourism and Social Enthusiast.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Manfaat yang Diperoleh Anak pada Pendidikan Anak Usia Dini

18 Agustus 2022   15:25 Diperbarui: 18 Agustus 2022   15:30 265 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan kita sebagai manusia. Menurut Ki Hajar Dewantara Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, pengertian pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. 

Dengan pendidikan anak-anak dapat mengetahui apa yang benar dan apa yang salah. 

Setiap anak memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan (koordinasi motorik halus dan kasar), daya pikir, daya cipta, bahasa dan komunikasi, yang tercakup dalam kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan spiritual (SQ) atau kecerdasan agama atau religius (RQ), sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak.

Setiap warga Negara harus mengikuti jenjang pendidikan yang dilakukan mulai dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi. Pendidikan untuk anak di usia dini merupakan sesuatu yang harus diperhatikan oleh para orang tua di Indonesia. 

Pendidikan anak usia dini merupakan bentuk pemberian  rangsangan-rangsangan (stimulasi) oleh oang tua, guru dan lingkungan terdekat yang mana itu sangat diperlukan untuk  mengoptimalkan kemampuan dan perkebangan anak agar anak tumbuh  dan berkembang sesuai dengan fasenya. 

Menurut para ahli anak yang di didik sejak dini akan berpeluang menjadi orang yang sukses. Walaupun kenyataannya mendidik anak di usia dini bukanlah suatu hal yang mudah, akan tetapi banyak sekali dampak positif dan manfaat yang diperoleh para orang tua ketika berhasil mendidik anaknya dengan baik.

Pendidikan anak di usia dini adalah landasan yang akan berpengaruh terhadap kekuatan dan ketahanan pribadi si anak yang dibangun. Itu sebabnya berbagai penelitian juga mendukung pentingnya pendidikan anak di usia dini. Banyak manfaat yang di dapatkan oleh si anak untuk masa depannya, dan sebagai orang tua tentunya juga senang mempunyai anak yang memiliki karakter yang baik.

Manfaat yang diperoleh pada pendidikan anak di usia dini :

  • Membentuk karakter anak sejak diniMembentuk karakter anak bisa dilakukan dengan cara bersikap konsisten karena apa yang dilihat anak akan terus membekas di pikirannya.
  • Kemampuan bekerja sama yang baikMelalui sekolah Pendidikan Anak Usia Dini, anak diajarkan untuk belajar dan bermain secara berkelompok dengan teman-temanya yang menumbuhkan sifat kerjasama yang baik.
  • Membantu konstentrasi anakPada sekolah Pendidikan Anak Usia Dini, anak diajarkan untuk memperhatikan apa yang diajarkan oleh gurunya. Hal itu akan membantu anak ketika sekolah di jenjang selanjutnya lebih mudah dalam menerima pembelajaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan