Mohon tunggu...
zahwan zaki
zahwan zaki Mohon Tunggu... Alumni IAIN SAS Babel (Pendidikan) dan Alumni STIA-LAN Jakarta (Bisnis)

Hobi melakukan perjalanan ke tempat yang belum pernah ditempuh dan terus mencoba menggerakkan pena, menulis apa yang bisa ditulis, paling tidak untuk bisa dibaca segelintir orang.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Mengintip Bisnis Gibran Anak Jokowi

29 Juli 2020   08:29 Diperbarui: 29 Juli 2020   08:50 1541 24 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengintip Bisnis Gibran Anak Jokowi
Foto: Gibran dengan Bisnis Goola / instagram @chillipari

Saat ini nama Gibran Rakabuming Raka anak dari Presiden Indonesia, Joko Widodo sedang ramai dibicarakan, dikarenakan lolosnya pencalonanan Gibran sebagai kontestan bakal calon walikota Solo tahun 2020. Gibran meramaikan dunia politik dengan dukungan dari partai PDI-P.

Banyak sudah artikel para kompasianer menulis tentang Gibran dari sisi pilihan politiknya. Namun kali ini saya akan menulis tentang Gibran dari sisi Gibran selaku pebisnis atau bisnis man.

Apa saja bisnis Gibran Rakabuming Raka?

Bisnis Gibran bergerak di bidang usaha kuliner dan jasa, di antaranya:

# 1) Chili Pari

Chilli Pari didirikan oleh Gibran pada akhir tahun 2010. Chili Pari merupakan bisnis pertama Gibran, yang bergerak di bidang usaha katering, menyediakan makanan dan menawarkan layanan gedung, suvenir, undangan, Master Ceremony (MC), mobil pengantin, dekorasi, rias pengantin, dokumentasi dan sound system.

Chili Pari berbasis di Kota Solo. Kebetulan Kota Solo merupakan tempat kelahiran Gibran, yang lahir pada 1 Oktober 1987.

Modal usaha pertama kali untuk bisnis ini sebesar Rp.700 juta. Modal itu digunakan untuk membeli peralatan katering.

# 2) Markobar

Gibran mulai menggeluti Markobar (Martabak Kota Barat) pada tahun 2015. Gibran bergabung bersama Arif yang merupakan milik Markobar sebelumnya.

Para pecinta martabak pasti kenal dengan salah satu bisnis kuliner yang dibangun Gibran ini. Markobar memiliki produk unggulan yaitu martabak manis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN