Mohon tunggu...
zahwan zaki
zahwan zaki Mohon Tunggu... Alumni IAIN SAS Babel (Pendidikan) dan Alumni STIA-LAN Jakarta (Bisnis)

Hobi melakukan perjalanan ke tempat yang belum pernah ditempuh dan terus mencoba menggerakkan pena, menulis apa yang bisa ditulis, paling tidak untuk bisa dibaca segelintir orang.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Anda Punya Waktu Luang, Tertarik Nggak Menjadi Kurir?

6 Juli 2020   08:03 Diperbarui: 6 Juli 2020   19:43 1119 34 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anda Punya Waktu Luang, Tertarik Nggak Menjadi Kurir?
Foto: Ilustrasi Kurir / fixabay.com

Beberapa hari ini saya menjalani pekerjaan baru membantu usaha keluarga, bisnis online kue basah Bakoel Gaza. Kebetulan saya dapat pekerjaan menjadi kurir atau istilah kekinian delivery service. 

Pekerjaan selaku kurir ini dilakukan saat hari libur, sabtu dan minggu saja. Sama halnya dengan Bakoel Gaza saat ini baru menerima order sabtu dan minggu juga.

Kurir adalah utusan yang menyampaikan sesuatu yang penting dengan cepat. (kbbi.web.id).

Setelah saya beberapa kali mengantar pesanan kepada pembeli, ada hal yang menjadi catatan bagi saya, yaitu menjadi pengantar pesanan atau kurir bukanlah pekerjaan yang mudah, yang pasti pekerjaan ini butuh keahlian khusus.

Menurut saya, pekerjaan selaku kurir ini perlu diselami dan diulas lebih jauh lagi, supaya dalam melakukan pekerjaan ini tidak terkesan asal-asalan. Apalagi di era bisnis online ini, pekerjaan kurir menjadi satu paket dengan penyedia barang / produk, tanpa kurir barang yang dipesan tidak tersampaikan ke tangan pembeli.

Berkaca dari kurir (delivery service) yang sudah populer selama ini, hal yang paling tampak adalah adanya identitas diri, di antaranya melalui seragam, kendaraan yang digunakan atau kemasan produk pesanannya.

Yups, kalau identitas sudah pasti ada, apalagi kurir pada perusahaan-perusahaan pengiriman yang sudah besar, selain itu mereka sudah pasti menomorsatukan pelayanan yang terbaik. Karena, bisnis jasa sangat tergantung dengan kualitas layanan yang diberikan, tanpa itu sangat sulit suatu perusahaan jasa pengiriman bisa berkembang lebih bagus lagi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan seorang kurir (delivery service)?

Dalam tulisan ini hanya fokus pada kurir makanan saja. Mengingat pekerjaan sampingan saya selaku kurir makanan baru-baru ini.

Setelah melalui perenungan yang mendalam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seorang kurir makanan, di antaranya:

# Memastikan Kendaraan Kurir Siap Pakai;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN