Mohon tunggu...
zahwan zaki
zahwan zaki Mohon Tunggu... Alumni IAIN SAS Babel (Pendidikan) dan Alumni STIA-LAN Jakarta (Bisnis)

Hobi melakukan perjalanan ke tempat yang belum pernah ditempuh dan terus mencoba menggerakkan pena, menulis apa yang bisa ditulis, paling tidak untuk bisa dibaca segelintir orang.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Anda Mau Kaya Tanpa Menabung? Cukup 1 Solusinya

7 Juni 2020   19:24 Diperbarui: 7 Juni 2020   19:24 212 12 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anda Mau Kaya Tanpa Menabung? Cukup 1 Solusinya
Foto: Ilustrasi Menabung/bisnis.com

Apakah anda termasuk orang yang tidak memiliki tabungan? Tabungan disini dimaksudkan tabungan berupa uang, apakah disimpan di Bank atau di bawah bantal. 

Tiap orang pasti punya tabungan, namun yang membedakannya hanya di jumlah nominalnya. Tidak jarang, ada di antara kita memiliki rekening tabungan hanya sekedar numpang lewat saja, tanpa meninggalkan saldo untuk buat tabungan.

Tidak masalah anda tidak punya tabungan berupa uang, yang penting anda memiliki simpanan lainnya. Wah, gimana caranya?

Cerita Seorang Nenek Tua Mewarisi Emas Segepok:

Terkadang kita tidak menyadari, orang yang tidak memiliki pekerjaan tetap, tidak memiliki rumah besar, tidak memiliki mobil, tetapi memiliki segepok emas. Kok bisa? 

Dari cerita yang beredar, si Nenek dalam membeli emas  ternyata bukan langsung segepok. Emas itu sudah lama  disimpan si Nenek dari waktu muda dulu. Ketika masih muda dulu, si Nenek saat memiliki uang lebih, langsung membeli emas perhiasan, ada yang berupa gelang, kalung, anting-anting dan cincin. 

Tidak terasa, seiring waktu emas yang terkumpul lumayan banyak, sehingga kalau diuangkan nilainya bisa untuk membuat rumah atau membeli mobil baru.*

Pelajaran dari cerita si Nenek tadi;

Ada banyak kendala seseorang untuk tidak bisa menabung uang, salah satunya adalah uang tersimpan di rekening bank menggunakan kartu ATM. Adanya kartu ATM, membuat seseorang sulit untuk membatasi pengeluaran, terlebih keinginan seseorang untuk membeli suatu barang juga begitu besar dan tak terduga.

Cerita si Nenek tadi bisa dijadikan referensi untuk seseorang ingin memiliki masa depan cerah dengan memiliki emas yang banyak. Mulailah dari memiliki emas sedikit demi sedikit dan simpanlah di tempat yang aman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN