Mohon tunggu...
BIE HAQQILLAH
BIE HAQQILLAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hanya untuk keperluan Tugas Kuliah

HANYA UNTUK KEPERLUAN TUGAS KULIAH

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bantuan Bibit Tanman di Desa Poncogati

4 Desember 2022   09:04 Diperbarui: 4 Desember 2022   09:10 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bantuan Bibit Tanman di Desa Poncogati

Kegiatan PMDK (Pengabdian Membangun Desa) merupakan proses pembelajaran perkuliahan serta penelitian yang dimana kegiatan yang dilakukana dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan beermasyarkat. Pelaksanaan PMDK ini ditujukan juga untuk menumbuhkan rasa empati terhadap berbagai permasaalahan yang ada di lingkungan masyarakat serta mewujudkan juga salah satu implementasi Tridharma perguruan tinggi yaitu berupa pemberdayaan masayarakat. Urgensi dari program ini adalah karena melihat dari sekian banyak lahan yang ada, masih banyak yang tidak termanfaatkan dengan baik, disamping sulitnya mendapatkan bibit unggul dan kelompok tani yang belum berjalan dengan maksimal membuat lahan justru ditumbuhi semak belukar dan tidak terurus. Maka dari itu, kami berinisiatif untuk memberikan bantuan bibit untuk Desa Poncogati ini diperlukan dengan tujuan untuk memanfaatkan lahan yang ada. Sehingga bantuan bibit yang datang bisa dimanfaatkan untuk kelestarian lingkungan dan dapat menguntungkan baik itu dari segi lahan juga peningkatan taraf hidup masyarakat. Adapun luas lahan yang kemungkinan bisa dimanfaatkan untuk bibit tanaman ialah sebanyak 4 Ha, yang akan ditanami dengan beberapa jenis bibit tanaman.

            Dimana untuk mendapatkan bibit tersebut perlu mengajukan surat permohonan bantuan bibit tanaman ke BPDHSL yang diamana kantornya ada di daerah Brantas Sampean D/a Jalan Mangundiprojo NO.1 Buduran Sidoarjo Jawa Timur. Dimana untuk bibit yang kita ajukan berjumlah 2000 batang dengan jenis bibit yaitu kelengkeng, durian,sirsat, dan nangka. Kita menunggu surat balasan tersebut sekitar 1 minggu dan untuk bibit yang di acc yaitu kelengkeng (300 batang), durian (300 batang),sirsat (300 batang),nangka (300 batang), dan ditambah tanaman kayu lainnya (mahoni,sengon,dll 800 batang). Untuk pengambilan bibitnya sendiri dapat di ambil di persemain permanen Jember. Kemudinn setelah itu, bibityang sudah di bawa akan diletakan di rumah Kepala Desa, sedangkan untuk sistem pembagiannya bibit akan dibagi rata kepada setiap kepala dusun dimana untuk di desa Poncogati sendiri terdiri dari 14 kepala dusun, dan kepala dusun akan membagikan semua bibit kepada masyarkat yang berada diwilayahnya. Dalam pemanfaatan lahan yang tidak dimanfaatkan dengan baik, maka sudah sepatutnya dimanfaatkan dengan salah satu caranya dengan menanami tanaman yang bermanfaat dan memiliki nilai jual yang bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat serta kegiatan ini dapat menjadi langkah awal kita dalam upaya melestarikan tanaman unggulan lokal serta kegiatan atau program yang kita lakukan ini bisa dijadikan sebagai program baru di Desa Poncogati serta diharapkan bisa terus berjalan dengan konsisten.

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bantuan Bibit Tanman di Desa Poncogati
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bantuan Bibit Tanman di Desa Poncogati

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun