Mohon tunggu...
Bibit Reksadana
Bibit Reksadana Mohon Tunggu... https://bibitid.page.link/blog

Bibit adalah robo-advisor untuk melakukan investasi reksa dana secara otomatis. Teknologi Bibit menggunakan riset pemenang Nobel Prize, Harry Markowitz. Sebuah metode pembentukan portofolio investasi yang dinamakan Modern Portfolio Theory

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Ingat Tunjangan Hari Raya Jangan Lupa Tunjangan Hari Tua!

20 Mei 2019   10:16 Diperbarui: 22 Mei 2019   11:25 0 1 0 Mohon Tunggu...
Ingat Tunjangan Hari Raya Jangan Lupa Tunjangan Hari Tua!
separate-bank-account-071718-1-5ce4cf3e6b07c56b541da344.jpg

Soal THR, pasti kamu sudah paham dong ya, tapi kalo THT? Bukan, ini bukan telinga, hidung, dan tenggorokan, ini soal masa depan kamu, Tunjangan Hari Tua (THT).

Lebaran sebentar lagi~ Nggak terasa ya, puasa sudah masuk ke-3. Detik-detik menjelang lebaran, pasti kamu udah kepikiran soal THR ya? Udah siap ngabisin THR ya? THR boleh nempel terus di otak kamu, tapi kamu kepikiran soal THT nggak?

Memiliki THT atau dana pensiun adalah salah satu tujuan keuangan yang ingin dicapai oleh banyak orang. Dengan merencanakan dana pensiun sesegera mungkin, kamu nggak akan kerepotan untuk menyiapkan dana pensiun tersebut ketika kamu memasuki masa pensiun.

Semakin cepat memulai dan semakin banyak dana yang disisihkan, tentunya akan lebih baik. Apalagi untuk kamu yang berusia 25-45 tahun, kamu sudah nggak punya waktu untuk menunda. Kamu bisa siapkan THT dengan memasukan ke dalam berbagai pilihan instrumen investasi.

Kamu harus sadari, saat sudah pensiun, kamu nggak berpenghasilan lagi. Jangan semua gaji kamu dihabiskan untuk lifestyle kekinian seperti ngopi-ngopi, belanja skin care, make up, atau sepatu premium demi bergaya ala "Hypebeast". Berinvestasi untuk masa tua bisa kamu jadikan gaya hidup yang lebih baik daripada terus-terusan menghabiskan uang.

Ada beberapa alasan kenapa kamu harus mulai memikirkan THT dari sekarang, mengapa THT menjadi penting buat kamu?

Mandiri Secara Finansial

Sedia payung sebelum hujan, pepatah itu benar adanya. Bukankah akan lebih baik jika mempersiapkan pensiun sebelum kamu memulainya?

Memulai secepatnya berarti kamu juga nggak akan membebani anak dan cucu kelak. 

Akan terasa lebih enak kan jika kamu bisa mengeluarkan uang pribadi kalau kamu mau membeli sesuatu, tanpa perlu meminta-minta uang pada anak kamu.

Karena itulah sebaiknya kamu segera merencanakan dan mempersiapkan dana pensiun kamu dari sekarang, agar kamu tetap bisa mandiri secara finansial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3