Mohon tunggu...
Biben Fitrahman
Biben Fitrahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Student

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tips Memulai Usaha di Masa Pandemi

11 Juli 2021   07:31 Diperbarui: 11 Juli 2021   07:33 16 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Garut--Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama lebih dari setahun telah membuat sektor ekonomi cukup terpukul. Sebagai akibatnya, banyak perusahaan yang mengurangi jumlah pekerjanya sehingga jumlah pengangguran meningkat dengan tajam. Demi bertahan hidup, banyak orang yang terpikir untuk membuka usaha di tengah pandemi ini. Namun, muncul pertanyaan apakah mungkin kita memulai suatu bisnis di masa pandemi seperti sekarang?

Meskipun ekonomi sedang lesu, bukan berarti tak ada kesempatan sama sekali untuk kita memulai bisnis. Masih ada peluang -- peluang bisnis baru yang bisa dijajaki di masa pandemi ini dan berpotensi memberi keuntungan finansial. Bagaimana cara memulai bisnis di tengah pandemi yang memukul sektor ekonomi seperti sekarang ini? Silahkan simak tips berikut.

  • Memiliki pola pikir bisnis
  • Sebelum mencari ide bisnis maupun memulai suatu bisnis, sebaiknya kita membangun pola pikir bisnis terlebih dahulu di dalam kepala. Hal ini akan membantu kita dalam menjalankan bisnis nantinya. Pola pikir bisnis akan membuat kita terbiasa dan peka terhadap kesempatan bisnis. Selain itu, dengan memiliki pola pikir bisnis, kita akan terlatih dalam mempertimbangkan untung dan rugi dalam bisnis.
  • Mencari bisnis yang potensial
  • Ada banyak bisnis yang potensial untuk dijalankan di masa pandemi ini. Salah satu contohnya adalah bisnis yang berhubungan dengan sektor kesehatan. Seperti diketahui bahwa di masa pandemi ini, masyarakat menjadi lebih peduli terhadap kesehatan. Kita bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual masker, face shield, maupun suplemen vitamin. Selain itu, bisnis yang juga potensial dijalankan di masa pandemi adalah bisnis kuliner. Bisnis kuliner merupakan bisnis yang selalu menjanjikan meskipun dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini. Bisnis yang potensial untuk dijalankan lainnya adalah bisnis pakaian, kebutuhan rumah tangga, dan jasa guru privat.
  • Pilih yang bisnis yang membutuhkan modal yang minim
  • Setelah mencari ide bisnis yang potensial, langkah berikutnya yang bisa kita lakukan adalah menentukan bisnis mana yang paling memungkinkan untuk dijalankan. Memulai bisnis, terutama di masa pandemi, tidak harus langsung dimulai dengan modal yang besar. Sebagai contoh, anda bisa menjadi dropshipper ke para penjual online. Cara ini tidak memerlukan modal selain gawai dan media sosial. Namun, keuntungan yang didapat lebih sedikit.
  • Manfaatkan media sosial
  • Di era digital seperti sekarang ini, media sosial seolah telah menjadi kebutuhan banyak orang. Kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai media untuk memasarkan produk yang kita miliki. Kita bisa menggunakkan media sosial sebagai media untuk mengenalkan produk yang kita produksi.
  • Kelola uang secara bijak
  • Dalam menjalankan bisnis, kita pasti akan mendapat pendapatan dan juga harus mengeluarkan pengeluaran. Kita harus paham apa saja yang bisa kita tekan pengeluarannya maupun apa saja yang bisa memaksimalkan pendapatan. Sediakan tabungan khusus untuk memisahkan antara keuangan pribadi dengan bisnis.
  • Terbuka dengan kritik dan saran
  • Kehadiran kritik merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam membangun suatu bisnis. Kritik akan membantu pengembangan usaha kita supaya bisa menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu, kita harus terbuka dengan kritik yang diberikan kepada bisnis kita. Namun, tidak semua kritik dan saran bisa kita aplikasikan pada bisnis kita. Kita harus cermat memilih mana kritik dan saran yang benar -- benar sesuai dengan bisnis yang kita jalankan.

Itulah tips -- tips memulai bisnis yang bisa dilakukan di masa pandemi sekarang ini. Masih ada peluang -- peluang yang bisa kita manfaatkan meskipun keadaan ekonomi sedang sulit. Dengan strategi yang tepat, kita bisa memulai bisnis yang menguntungkan.

Sumber:

Avrist

CIMB Niaga

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan