Mohon tunggu...
Bias Agprisyanda P
Bias Agprisyanda P Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Seorang mahasiswi pemikir yang selalu berkutat dengan tugasnya, tapi tidak melupakan kewajibannya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lakukan Hal Dasar Ini Untuk Memulai Merintis Biro Iklan

21 April 2020   19:05 Diperbarui: 21 April 2020   19:35 578
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Baik, sebelum saya memulai pembahasan ini. Saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu,  nama saya Bias Agprisyanda Putri saat ini saya kuliah memasuki tahun ke-3 di suatu Universitas Swasta di Jakarta. Dan saya mengambil konsentrasi Advertising.

Tulisan saya kali ini berhubungan dengan tugas saya. Yup, tugas Ujian Tengah Semester yang membahas tentang Biro Iklan sesuai dengan bidang saya.

Mohon maaf sebelumnya jika kata atau  kalimat saya kurang berkenan yaw, i’ll try my best, hope you guys like it 😊

Nah kali ini saya akan membahas gimana sih awal mula Step By Step cara kita merintis Biro Iklan??

Sebelumnya, apa sih Biro Iklan itu? Advertising agency atau biro iklan adalah sebuah perusahaan yang berspesialisasi dalam perencanaan, pembuatan dan penempatan iklan untuk kliennya. Mereka juga dapat menyediakan layanan lain yang memfasilitasi proses komunikasi pemasaran. Disebut juga dengan agensi periklanan, biro periklanan atau agen periklanan.

Untuk yang pertama paling utama adalah pastinya Niat dan Keyakinan ya, karena jika tidak ada itu semua pondasi untuk membangun suatu yang kita tuju tidak akan kuat sebagai dasar terwujudnya impian itu.

Lalu jangan lupa dengan tekad yang besar, pantang menyerah, dan terus berusaha melakukan apapun dengan semaksimal mungkin.

Oh iya satu lagi..

Kalian harus punya prinsip yang kuat agar tidak tergoyahkan dari gangguan eksternal. Baik segitu dulu tips-tips pengantarnya

Nah sekarang kita lanjut ke Step yang harus diperhatikan baik-baik dengan sedemikian rupa, disimak yaaa…

Yang pertama yaitu, Ketahui Bagaimana Alur Bisnis Periklanan

Dikutip dari economy.okezone.com yaitu “Modal yang paling penting di dalam bisnis periklanan ini sebenarnya bukanlah uang, melainkan ide, kreativitas, relasi, konektifitas, jaringan, kemampuan serta pengalaman dalam memahami kondisi pasar. Dengan modal tersebut, Anda bisa menjalankan bisnis periklanan dengan sukses. Tentunya, tak semua orang dapat memenuhi persyaratan dan pengalaman dalam periklanan. Untuk itu, tak ada salahnya jika bergabung terlebih dahulu di dalam sebuah perusahaan periklanan besar untuk mendapatkan pengalaman tersebut. Dari sana lah, Anda bisa belajar mengenai cara yang tepat menjalankan bisnis periklanan. Sehingga, nantinya bisnis tersebut bisa mendapatkan keuntungan besar. Anda bisa mengadopsi teknik-teknik tersebut ke dalam perusahaan yang akan dibangun. Gunakanlah teknik ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) dalam alur usaha periklanan agar”

Dari kutipan tersebut kita bisa membuat kesimpulan bahwa, pengalaman pertama adalah hal yang bisa menjadi dasar pembelajaran kita bagaimana membangun usaha dalam Periklanan. Dengan pengalaman kita sudah memasuki dunia tersebut, secara tidak langsung pemikiran kita dan wawasan kita akan berkembang tentang Periklanan yang didukung dari ruang lingkup kita. Lalu setelah pengalaman, kita akan menjalin relasi dari berbagai praktisi periklanan yang profesional pastinya, yang akan membantu kita untuk membantu pemikiran-pemikiran kedepannya saat membangun bisnis periklanan. Dalam kondisi ini kita harus berfikir kritis, realistis dan harus mengambil keputusan yang tepat.

Yang kedua adalah Sumber Daya Manusia

Dikutip dari economy.okezone.com “Sebelum Anda ingin memulai merintis usaha dalam bidang periklanan, tentunya hal yang harus dipikirkan terlebih dahulu adalah sumber daya manusia. Sumber daya untuk bisnis iklan meliputi tenaga desain, fotografer, editor, dan lainnya yang berkaitan dengan bisnis. Hal ini sangat penting dan menunjang keberlangsungan bisnis, oleh sebab itu pastikan bila memiliki sumber daya tersebut. Caranya, Anda bisa melakukan rekrutmen untuk menarik tenaga-tenaga ahli menjadi karyawan. Tentunya, hal ini diiringi dengan sistem upah yang menguntungkan sehingga membuat banyak orang yang tertarik dalam perusahaan yang dibangun.”

Maksud dari kutipan tersebut adalah hal dasar kedua Ketika ingin memulai Biro Iklan adalah SDM atau sumber daya manusia, yang dimana kalian harus mencari dan merekrut tenaga ahli dalam bidangnya, dan upahilah sesuai Dungan yang sepantasnyaa, jika mereka mendapatkan prestasi dalam kinerjanya, berilah mereka “sebuah” reward agar mereka merasa dihargai.

Yang ketiga, Pilih media yang digunakan untuk jasa beriklan

Banyak sekali media untuk beriklan saat ini, ada Media Cetak, Media Elektronik, dan Media Online yang sangat sering kita lihat saat ini.Jika kita ingin beriklan pada media-media tersebut pastinya kita harus punya relasi yang ruang lingkupnya dibidang media agar memudahkan prosesnya

Yang keempat, tentukan Tempat Usaha

Di lansir dari economy.okezone.com “Sama seperti usaha lainnya, bisnis periklanan juga membutuhkan lokasi usaha strategis yang dapat menunjang kesuksesan bisnis tersebut. Tak perlu dengan lokasi usaha yang besar, dengan ukuran minim sekalipun Anda tetap bisa bekerja secara profesional dan menghasilkan keuntungan besar. Hal ini dikarenakan hampir seluruh aktivitas usaha ini dikerjakan di luar kantor. Sehingga, lokasi usaha hanya sebagai image yang dapat memberikan dampak positif bagi bisnis. Pilihlah lokasi yang memang dapat memberikan citra positif kepada konsumen serta keberadaannya benar-benar dapat diketahui dengan jelas oleh banyak orang.”

Langkah selanjutnya pastinya tempat usaha, ibaratkan "rumah" untuk tempat aktivitas kegiatan proses Biro Iklan. Pilihlah tempat yang strategis, yang alamatnya tidak susah untuk ditemukan, lalu buatlah tempat usaha ini menjadi menarik sedemikian rupa sehingga para calon client merasa nyaman, aman dan senang jika berunjung ke kantor kita.

Dan yang terakhir adalah, menggunakan Strategi Marketing

Dikutip dari economy.okezone.com “Tentunya setiap bisnis yang berjalan perlu mengetahui masalah pemasaran, tak terkecuali dengan bisnis periklanan. Anda bisa melibatkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk melakukan proses pemasaran yang selalu aktif. Pastikan jika pelayanan terhadap konsumen selalu terbaik dan memuaskan. Dengan begitu, konsumen akan setia menggunakan jasa Anda.”

Strategi marketing itu sendiri adalah suatu upaya untuk menjalanan sebuah pemasaran sesuai dengan tujuan kita. Jadi untuk menarik calon client kita untuk melayani client kita, kita harus mempunyai strategi atau cara agar biro iklan kita itu dapat bertahan dan bisa direkomendasikan oleh orang-orang sekitar yang sudah bekerja sama dengan kita. Supaya mereka tahu bahwa treatment yang biro iklan kita itu terpercaya aman kreatif inovatif dan menyenangkan.

Itu saja tips-tips yang  saya bagikan untuk kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin memulai merinstis Biro Iklan tetapi masih bingung langkah awal apa saja yang akan kalian ambil. Karena semua penjelasan diatas adalah hal yang paling mendasar. Semangat terus.. And good luck😊

Sumber:

Https://economy.okezone.com/read/2017/08/18/320/1758307/mau-usaha-biro-iklan-cara-ini-akan-bikin-bisnis-anda-sukses

Https://cerdasco.com/biro-iklan/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun