Mohon tunggu...
Bode Haryanto Tarigan
Bode Haryanto Tarigan Mohon Tunggu... Bujur Ras Mejuah Juah

Aku adalah satu diantara mereka dan kamu. Aku hanya bagian dari yang tidak terpisahkan diantara mereka dan kamu. Hidupku adalah bagian dari mereka dan kamu. Apa yang ada padaku adalah sebuah anugerah bagi mereka dan kamu. Aku Mereka dan Kamu adalah Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hal Kesehatan dan Makanan (Tinjauan Rohani Kristen)

15 November 2019   16:35 Diperbarui: 15 November 2019   16:37 18 0 0 Mohon Tunggu...

Pikirkanlah hal yang baik yang sesuai dengan rencana Tuhan.  Tuhan menciptakan segala sesuatunya SUNGUH AMAT BAIK. Demikianlah Tuhan menciptakan semuanya untuk manusia untuk kebaikan manusia. Demikian Allah sejak awal menciptakan semua sangat baik. Tuhan memiliki rancangan sedari awal hingga Tuhan menciptakan manusia untuk semua yg sdh dirancang Tuhan. Manusia sebagai ciptaan plus special dihadapan Tuhan dan sangat baik. 

Lalu saat ini apa yang sedang berlangsung, bagaimana kehidupan manusia saat ini. Ternyata lingkungan sudah semakin rusak, sudah banyak yg tidak lagi mendukung kehidupan manusia. Industri industri pabrik pabrik mengakibatkan banyak kerusakan lingkungan yang mengakibatkan kesehatan manusia juga terganggu. Pembakaran hutan dan kejahatan lingkungan mengakibatkan masalah kepada manusia. Untuk itu dalam kitab Pilipi, Paulus menawarkan kepada jemaat Pilipi untuk tetap berpikir positip dan jangan mudah kecewa namun tetap semangat untuk melalukan hal yang benar dan baik. 

Mungkin kita menghadapi masalah dalam hidup kita maka apa yg harus kita lakukan. Misalnya ada anak, atau keluarga kita yg sakit. Pertama minta pertolongan Tuhan agar kita memiliki suka cita dan keyakinan bahwa yg kita hadapi bagaian dalam rencana Tuhan dalam hidup kita sehingga kita tetap berpikir positif. Contoh Banyak Pdt yg ditempat di daerah yg tidak nyaman dipedalaman maka itu adalah bagian dalam rencana Tuhan dalam meningkatkan ketekunan dalam tugas yg tetap mengucapkan syukur. 

Banyak yg mengalami penyakit tubuh kita namun jangan pernah sakit secara Rohani. Tetap percaya dan mengandalkan iman didalam Yesus yang memilki kuasa penyembuhan yang ditunjukkan terhadap orang buta yg mengharapkan kuasa kemuliaan NYA. Dalam hal ini ciptakanlah hal hal yg baik dalam kehidupan kita, pikirkanlah hal yang baik agar kita dapat hidup dalam suka cita walaupun kita dalam menghadapi berbagai masalah juga masalah kesehatan.

Hal kesehatan terkait dengan makanan yang kita konsumsi. Untuk semua itu terkait dengan pengendalian diri. Pengendalian diri adalah salah satu dari buah buah roh,  artinya untuk mampu mengendalikan diri maka kita harus hidup dalam Roh agar kita dapat menglahkan keinginan daging dan tetap hidup dalam keinginan roh. 

Orang Karo, Pakpak,Batak, Simalunggun umumnya banyak kenak penyakit diabetes dan strok karena banyak makan dan pesta, disisilain ada suku yg biasa makan dengan nasi dan krupuk saja namun itu kurang giji juga tidak baik. Dari penelitian 90% masalah masalah yang ada termasuk kesehatan adalah PERILAKU KITA. Oleh karena itu kita perlu pengendalian diri dan itu adalah hanya dapat kita lakukan jika hidup dalam RoH Kudus. 

Kuncinya didalam kuasa ROh Kudus kita dapat mengendalikan diri dan dapat menjaga dari keinginan keinginan yg berlebih. Hal ini sangat penting untuk kesehatan karena Kesehatanlah harta yang paling berharga. Tubuh kita ini memerlukan kesetimbangan khususnya dalam makan dan dihubungkan dengan kesehatan. Indonesia rakning 6 di dunia penderita diabetes artinya orang indonesia kurang mampu menjaga keseimbangan. Hal hal seperti ini menyebabkan kita membutuhkan suatu pengarahan agar kita dapat mengendaliakan diri sehingga kita akan tetap mengandalkan Tuhan sehingga buah buah roh kita memampukan kita mengandalkan diri. 

Artinya kalau kita SEHAT, kita hidup memuliakan Tuhan. Sebagai surat surat Kristus sunguh benar kita dapat menunjukkannya dalam kehidupan kita sebagai orang percaya pada dunia ini. Tunjukkanlah hari lepas hari kita diperbaharui Tuhan dalam pertolongan Roh Kudus.

 Salah satu variabel makan dan keaehatan adalah umur, usia diatas 40 lebih sensifit makanan terhadap kesehatan.

VIDEO PILIHAN