Mohon tunggu...
Bhakti Dwi Lara Nugraha
Bhakti Dwi Lara Nugraha Mohon Tunggu... Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Instagram : @20bhakti_ Jika ada request untuk mengangkat suatu topik tertentu yang saya mengetahui isi topik tersebut silahkan dm saya saja. Terimakasih

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Beberapa Sektor yang Terdampak akibat Adanya Pandemi

22 Desember 2020   07:54 Diperbarui: 22 Desember 2020   07:55 72 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beberapa Sektor yang Terdampak akibat Adanya Pandemi
ekbis.sindonews.com

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pandemi membua kita semua harus melakukan jaga jarak bahkan harus melakukan semua kegiatan via online, seperti WFH (Work From Home), SFH (Study From Home). Nah, hal itu semua tentu akan membuat beberapa sektor di negri ini mengalami penurunan/kerugian yang dikarenakan tidak dapat berjalan seperti biasa akibat adanya pandemi virus.

Pandemi membuat kita semua harus lebih mementingkan kesehatan dan menjauhi kumpul-kumpul dengan orang banyak. Seperti yang di sosialisasikan kepada masyarakat tentang 3M dan 3T. 3M yaitu, Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan. Dan 3T yaitu, Pemeriksaan Dini (Testing), Pelacakan (Tracing), dan Perawatan (Treatment).

Beberapa sektor yang terdampak oleh pandemi virus covid-19 ini bisa dibilang sangat penting untuk keberlangsungan hidup di masyarakat. beberapa sektor itu diantaranya adalah : Sektor Ekonomi, Sektor Pangan, Sektor Pendidikan, dan Sektor Jasa Pengiriman. 

1. Sektor Ekonomi

Sektor ekonomi bisa dibilang sektor yang paling penting untuk bangsa. Mengapa? karena ekonomi merupakan sektor penggerak untuk sektor-sektor yang lainnya. Sektor ekonomi merupakan sektor yang paling terdapak dari adanya pandemi covid-19. Kenapa dibilang sektor yang paling terdampak?karena sektor pendukung seperti jual beli, import barang, pariwisata, dll harus terhenti

Dan itu menyebabkan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanjan Negara) otomatis menjadi berkurang, dan akan berpengaruh untuk perkonomian negara. Maka, bisa dibilang sektor ekonomi adalah sektor yang paling terdampak karena pandemi virus covid-19.

2. Sektor Pangan 

Siapa yang tak butuh pangan? bisa dipastikan semua makhluk hidup membutuhkan bahan pangan. Di saat pandemi kebutuhan pangan meningkat dikarenakan orang yang WFH (Work From Home) dan SFH (Study From Home) akan lebih banyak membutuhkan asupan dibanding dengan aktivitas seperti biasanya.

Sementara di masa pandemi stok makanan tidak bertambah atau bahkan ada beberapa perusahaan makanan mengurangi jumlah produksinya dikarenakan alasan ekonomi di masyarakat yang kurang stabil. 

3. Sektor Pendidikan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN