Tekno Pilihan

Jangan Mengeluh kepada CS Telkomsel, Berat!

12 Februari 2018   19:39 Diperbarui: 12 Februari 2018   20:01 760 2 0
Jangan Mengeluh kepada CS Telkomsel, Berat!
dokumentasi pribadi

Kalau ada orang yang bertanya kepada Saya tentang hal terberat apa yang pernah Saya lakukan, Saya akan menjawab, "Menyampaikan keluhan kepada customer service --nya@Telkomsel". Mengapa ?Saya sudah capek menjelaskan tentang permasalahannya tetap saja saya mendapatkan jawaban yang ujung-ujungnya tanpa solusi.

Saya menulis ini karena kemarin saya mengalami hal di atas. Jadi saya akan menceritakan kronologi kejadiannya. Hal ini bermula saat saya melakukan isi ulang pulsa. Tanggal 10 Februari 2018 pukul 21:36 saya melakukan pengisian ulang dengan serial 4100214xxxxxxx senilai Rp 100000. Salah satu yang menjadi kebiasaan saya setelah isi ulang adalah daftar paket data bonus isi ulang (Saya memakai kartu Telkomsel Loop) dengan harga Rp 1000 kuota 153600 KB atau 150 MB. Setelah saya mendaftar paket bonus isi ulang, saya membuka aplikasi myTelkomselApp, di sana pulsa saya tertera Rp 104 ribu-an dan kuota aktif 150 MB.

Sebelumnya pada pukul 21:38 pada hari yang sama, saya menerima SMS dari 5111 yang berisi penawaran bahwa saya berhak mendapatkan paket Modal Jempol seharga Rp 10 dengan kuota 5GB selama 2 hari. Saya belum langsung mengambil penawaran tersebut. Pukul 22:04 masih di hari yang sama, saya akhirnya mengambil penawaran tersebut, setelah mengambil penawaran tersebut saya membuka myTelkomselApp lagi, untuk memastikan kuota sudah masuk atau belum.

Paket tersebut sudah aktif, karena saya daftar pada tanggal 10 sebelum jam 12 malam, otomatis akan berakhir pada tanggal 11 (besok harinya). Saya melakukan streaming dan browsing, namun koneksi putus-putus dan aktivitas internet ria pun saya akhiri. Tanggal 11 Februari, pada siang hari saya kembali browsing dan streaming, pastinya saya masih mengecek kuota saya masih ada atau tidak. Namun sekitaran pukul 3 sore koneksi saya mati (bukan putus-putus seperti sebelumnya). Saya mengaktifkan mode pesawat dan kembali menonaktifkannya, berharap Cuma masalah kecil. Sebagai informasi saya mengakses internet di laptop saya dengan koneksi hotspot dari hp dengan paket yang didaftar sebelumnya.

Setelah masuk ke pesawat, restart hp, aktifkan dan nonaktifkan mobile data, tetap saja internet tidak berjalan. Terakhir saya kembali restart hp dan internet berjalan. Saya langsung cek myTelkomselApp untuk mengetahui sisa kuota internet saya. Alangkah kagetnya saya, pulsa yang sebelumnya ada sekitar 104 ribuan sekarang tersisa 0. Saya maklum saja kalau semisalnya pulsa saya termakan karena sudah tidak ada kuota aktif lagi, tapi di sana saya masih punya kuota sebanyak 2242 MB berlaku hingga 11-02-2018 pukul 23:59, dan saat itu masih sore.

Saya buka twitter dan langsung mentionakun @Telkomsel mengenai permasalahannya, saya disuruh memberikan nomor handphone dan lokasi kejadian melalui Direct Message (DM). Melalui DM saya menjelaskan kembali permasalahannya. CS (Customer Service) yang bernama Juan mempersilahkan saya untuk menunggu. 

Sebagai informasi DM saya kirimkan pukul 17:49 WIB dan setelah menunggu Mas Juan (CS tadi) mengkonfirmasi bahwa nomor saya dikenakan tarif normal pada 11 februari 2018 pukul 02.40 dengan nominal Rp 104826, dan CS tersebut juga mengatakan kalau saya masih punya paket Flash aktif sebanyak 2.2 GB yang aktif hingga 11 Februari 2018. Saya pun dimintai nama teregistrasi, tempat tanggal lahir, masa aktif karu, capture ktp, dsb.

Setelah mengirim info yang diminta, saya disuruh menunggu selama 4 hari kerja. Dan tak lama setelah itu saya mendapat SMS dari Telkomsel keluhan saya akan diproses selama 78 jam. Di sini saja saya sudah bingung mau menunggu yang mana.

Nah, tadi pagi tanggal 12 Februari 2018  pukul 06:01 WIB, saya kembali mendapat DM dari telkomsel bahwa hal yang saya keluhkan itu wajar, CS kali ini (Tomi) mengatakan pulsa saya terpotong karena saya tidak punya paket/kuota aktif. Ya, iyalah kalau ngeceknya di tanggal 12 memang saya sudah tidak punya kuota aktif lagi. Padahal CS sebelumnya yang bernama Juan mengkonfirmasi bahwa di saat pulsa saya terpotong karena tarif gprs normal, saya masih memiliki kuota aktif.

Saya tetap protes menyertakan Screenshot kiriman CS juan tentang konfirmasi saat saya masih mempunya kuota aktif, namun balasan tetap sama. Dan lagi saya protes, dan tetap saja masih dengan jawaban yang sama. Akhirnya saya menyerah, pulsa 104 ribu melayang padahal baru diisi dan kuota juga ada.

Kalau semisalnya kuota saya sudah habis, kenapa internet saya masih berjalan saat saya menyampaikan keluhan kepada pihak telkomsel ? itu saya menggunakan koneksi kuota terdaftar dari nomor yang sama. Berkali-kali saya cek kuota saya masih ada bahkan hingga pukul 11 malam tanggal 11 februari 2018. Apakah ini hanya permainan telkomsel yang menyuruh saya menunggu selama 78 jam sehingga masa aktif kuota saya habis baru diproses sehingga mereka bisa mengatakan kalau saya sudah tidak punya kuota, total ada 7 CS yang menangani keluhan saya, tapi tetap tak berujung. Provider selalu menang.

"Jangan mengeluh pada CS Telkomsel, Berat !!! Kau akan emosi, Biar Aku saja"

-Ramlan 2018