Mohon tunggu...
Wisata Pilihan

Pulau Kanawa, Surga Kecil di Flores

12 Juni 2017   13:47 Diperbarui: 12 Juni 2017   14:24 3350 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pulau Kanawa, Surga Kecil di Flores
untitled-1-593e417add0fa82a8e0b5cb2.jpg

Siapa sih yang tidak kenal dengan Labuan Bajo? Destinasi wisata unggulan di Indonesia ini memiliki lingkungan yang ramah dan sejuk sangat menjanjikan bagi traveler untuk singgah di tempat ini. Salah satu tempat yang paling terkenal adalah Taman Nasional Komodo, di taman nasional ini wisatawan bisa melihat secara langsung hewan Komodo atau juga disebut sebagai Kadal terbesar di dunia.

Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki dataran yang menyajikan bentangan air laut yang sangat luas. Ada beberapa pulau yang bisa kamu kunjungi, salah satu yang menjadi idola ialah Pulau Kanawa. Sekilas namanya hampir sama dengan pulau yang berada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu Pulau Kenewa, namun ternyata memang berbeda.

Ketika pertama kali kamu menginjakkan kaki di Dermaga Pulau Kanawa ini akan terlihat laut biru yang bening sebening kaca. Bahkan dari atas dermaga bisa melihat ikan-ikan kecil berenang seakan menyambut wisatawan yang datang, selain itu hamparan terumbu karang yang seakan mengajak wisatawan untuk berenang.

Pulau Kanawa memiliki luas 32 hektar menyajikan menyajikan pemandangan alam yang sangat menawan sehingga terlihat seperti pulau pribadi. Pasir putih yang sangat putih dan halus, air laut yang sangat bening, dan bukit kecil dengan rerumputan berwarna cokelat membuat siapapun yang melihatnya akan sangat jatuh cinta. Keindahan lautan yang biru, pasirnya yang putih, dan terumbu karang yang indah, membuat Pulau Kanawa sering dijuluki sebagai 'surga kecil'.

untitled-3-593e417a0e53ac6bb91c6cd2.jpg
untitled-3-593e417a0e53ac6bb91c6cd2.jpg
Aktivitas yang paling tepat dilakukan di Pulau Kanawa adalah Snorkeling, namun jika kamu memiliki izin diving maka jangan lewatkan kesempatan itu. Karena pemandangan bawah laut di Flores ini sungguh sangat memikat. Ikan yang berwarna-warni dan terumbu karang yang menjadi rumah bagi para ikan juga indah dipandang. Tidak heran jika banyak turis asing yang banyak datang ke Pulau Kanawa ini.

untitled-2-593e418ce745916cfa1ceae3.jpg
untitled-2-593e418ce745916cfa1ceae3.jpg
Tidak hanya bermain dengan air, aktivitas lain yang bisa kamu lakukan ialah trekking ke bukit kecil. Dari atas sanalah akan terlihat dengan jelas Pulau Kanawa yang begitu indah. Selain itu akan ada banyak spot photo yang ditemukan di atas bukit tersebut. Meskipun trekkingnya cukup sulit, namun akan terbayar jika sudah sampai atas bukit. Puncak bukit ini juga menjadi tempat favorit wisatawan yang datang untuk menikmati sunset.

Tidak hanya Bungalow kamu juga dapat menghabiskan malam dengan menyewa tenda di Pulau Kanawa ini. Ketika malam tiba cobalah lihat langitnya yang dipenuhi dengan ribuan bintang penuh cahaya. Karena aliran listrik di pulau ini hanya ada dimulai pukul 6 sore sampai jam 11 malam, maka jika lewat dari jam 11 malam seisi pulau hanya akan diterangi dari cahaya bintang. Sungguh pemandangan yang indah dan romatis.

VIDEO PILIHAN